Bedanya Mudik ke Pelosok Desa, Muhlis Gunakan Jurus Ninja Hatori

Mudik.
Jalan tanah di kampung halaman Musli Majid.

Motor kesayangannya ibarat isteri yang kerap dipelihara, dirawat dan disayangnya. Terlebih dengan statusnya sebagai seorang yang sudah berkeluarga dan jauh dari isteri dan anaknya, motorlah pengobat rindu yang bisa mendekatkan pertemuan fisik diantara mereka dalam berbagai kesempatan seperti halnya kala Mudik lusa.

Digambarkan kepada AMBAE kisah perjalanan Mudiknya di tahun sebelumnya. Dari Jeneponto menuju Dusun Pattallassang, Desa Tabbinjai, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, dalam keadaan normal dibutuhkan waktu sekitar 4 setengah jam untuk rute sejauh 158 Kilometer.

Read:  Muh Syafri Nurdin Pecundangi 8 Rider Di Sirkuit Lapangan Hitam Bantaeng

Tapi disaat Mudik, tentu kepadatan arus lalu lintas akan mengubah keadaan tersebut. Setidaknya kata dia butuh waktu paling cepat 6 jam. Dan karena kebiasaannya singgah di perjalanan waktu tempuh bisa mencapai 7 jam.

Kampung halamannya berada nun jauh di pelosok Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Tepat di sebelahnya merupakan Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai.

Read:  Dekranasda SulSel Mantap, Karena Pandemi Corona Sehari Santuni Beberapa Panti Asuhan

Untuk menjaga kondisi motornya, Muhlis menyiapkan bekal untuk sang isteri bekerjanya itu terutama kunci-kunci dan peralatan darurat pemeliharaan kendaraan. Pasalnya saat memasuki wilayah desanya, kondisi jalan tidak semulus di kota dengan aspal hotmix.

Malah hampir seluruhnya masih berupa jalan tanah yang memaksa keterampilan berkendara ekstra bagi Muhlis dan pengendara lainnya. Berulang kali harus turun dari kendaraan karena kendaraan roda dua miliknya terhempas licinnya tanah kecokelatan akibat musim hujan dan embun yang senantiasa menerpa kawasan di dataran tinggi sekitar Gunung Bawakaraeng itu.

Read:  Rasakan Sensasi Motor Tanpa Mesin Hanya di Puncak Sinoa

Bekal lain yang tak kalah pentingnya menurut Muhlis adalah air minum dan makanan pengganjal perut yang kira-kira efektif dibawa, tapi tidak menjadikan beban tas ransel terlalu berat saat dipasangkan di punggung.