Dukungan Psikososial Dinsos dan Buku dari Bunda PAUD SulSel Untuk Korban Gempa SulBar

Bantuan Dinsos SulSel dan Bunda PAUD SulSel ke SulBar.
Rombongan Dinsos dan Bunda PAUD SulSel di lokasi gempa di SulBar (31/01/21).

AMBAE.co.idMamuju. Bantuan untuk korban gempa bumi yang terjadi di Provinsi Sulawesi Barat (SulBar) terus mengalir, baik dari Pemerintah maupun Swasta. Termasuk bantuan dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) dan Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Provinsi SulSel.

Gemala Faoza selaku Kepala Dinas Sosial (Kadis Dinsos) mengatakan bahwa pihaknya membawa bantuan ke Mamuju dan Majene. Demikian pula bantuan dari Bunda PAUD SulSel melalui Pokja (Kelompok Kerja) Bunda PAUD SulSel.

Read:  Sambangi Makale, BPPD-Dispar SulSel Dijamu Bupati Tator

Bahkan melakukan Trauma Healing di tengah-tengah pengungsi. Dengan harapan kondisi kejiwaan dan psikologis korban gempa dapat segera pulih pasca gempa beberapa waktu lalu.

“Kami membawa Tim Psikososial, beranggotakan 20 orang. Kita sebar ke Mamuju dan Majene, tujuannya untuk mengobati trauma anak-anak kita pada khususnya dan seluruh pengungsi tentunya”, jelas Gemala.

Lanjut disampaikan pada Minggu (31/01/21), Dinsos juga memberikan bantuan bahan makanan dan pakaian. Sedangkan Bunda PAUD SulSel menyerahkan perlengkapan sekolah seperti tas, alat tulis menulis, buku-buku bacaan serta permainan edukatif bagi anak-anak.

“Ibu Ketua Bunda PAUD SulSel, Ibu Liestiaty Fachrudin Nurdin Abdullah memberikan bantuan untuk anak-anak kita. Ada buku, tas, alat tulis menulis, untuk membantu proses pemulihan juga diberikan permainan edukatif dan Trauma Healing”, ujarnya.

Tim Psikososial sendiri bekerja di lokasi pengungsian dan sekitarnya dalam rangka memotivasi korban bisa bangkit kembali. Menata Mamuju, Majene dan wilayah sekitarnya yang porak poranda, begitu pula masyarakatnya ikut terdampak secara lahiriah maupun bathiniah.

“Alhamdulillah, di setiap bencana, kecil ataupun besar, Ibu Lies dan pak Gubernur (Red. Gubernur SulSel, HM Nurdin Abdullah) selalu berempati mengulurkan tangan. Ini kemudian semakin memberi semangat kepada kami di jajaran Pemerintahan untuk ambil bagian membantu Saudara-saudara kita”, pungkasnya.

Gemala juga menyampaikan bahwa Dinsos SulSel tetap berkoordinasi dan membangun kolaborasi dengan Dinsos SulBar maupun yang ada di Mamuju dan Majene. (*)