Parenting Kelas IC SD 5 Lembang Cina Kenalkan Tumbler ala Ramuan Tradisional

Parenting School Kelas IC SDN Nomor 5 Lembang Cina Bantaeng.
Sosialisasi tumbler berkhasiat pengobatan digelar di Kelas IC SDN 5 Lembang Cina Bantaeng (07/10/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Keberlanjutan program Parenting Kelas IC di lingkungan SD Negeri Nomor 5 Lembang Cina, orang tua murid makin aktif secara signifikan. Hal itu terlihat saat arisan dihelat untuk kali kedua, Senin siang (07/10/19).

Meski tingkat kehadiran orang tua masih relatif minim, tidak menyurutkan semangat mereka mengundi arisan. Dari 24 orang tua yang seharusnya hadir, tampak siang itu sekitar 15 orang.

“Alhamdulillah sudah quorum, Ibu dan Bapak yang lain mungkin sedang melipat atau baru mau melipat”, canda Nur Rahmah Ramli yang disambut gelak tawa.

Wali Kelas IC itu bersyukur karena ada kemajuan dengan Parenting School di kelasnya. Di Ruangan Kelas IC yang berada di Jalan Merpati Nomor 23 Bantaeng itu, salah seorang orang tua murid mensosialisasikan penggunaan tumbler.

“Sekarang lagi tren dengan tumbler. Saya mencoba memanfaatkan tumbler dengan mengemas ramuan tradisional ke dalamnya”, ungkapnya.

Dikenalkan kepada orang tua lainnya bahwa cukup air bersih biasa saja dimasukkan ke dalam botol isi ulang tersebut. Air sudah dikemas saat malam hari.

Read:  Grand Final Puteri Pariwisata Bantaeng 2019, Sekda: Ajang Kreasi Pemuda Pemudi

Menariknya, irisan buah dimasukkan pula saat itu. Pagi hari kata dia, sudah siap dikonsumsi dengan beragam manfaat sesuai jenis buah didalamnya.

“Saya bawa saat ini air minum yang dicampur irisan buah plum. Kalau mau langsing, boleh minum ini”, jelasnya.

Sementara itu, Rizki Maulidia selaku Bendahara Parenting School Kelas IC mengatakan cukup tertarik dengan tumbler berisi rendaman buah. Hanya saja baginya bukanlah buah untuk pelangsing yang akan dicobanya nanti.

“Menarik juga dicoba, mungkin buah dengan khasiat tertentu, bolehlah kita budayakan seperti ini untuk mengurangi sampah plastik”, ujar Rizki.

Buah plum termasuk salah satu makanan superfood yang masih satu rumpun keluarga dengan rosaceae, mencakup buah persik, aprikot dan nectarine.

Read:  Petir dan Hujan Serang Butta Toa Jelang Sabtu Malam Tanggal 30 Maret 2019

Khasiatnya bisa menurunkan kolesterol, menjaga kesehatan sistem pencernaan, menjaga kesehatan jantung, mencegah anemia serta mengobati osteoporosis. Selain itu bisa menurunkan resiko PPOK (Penyakit Paru Obstruktif Kronis), mencegah resiko kanker usus besar, meningkatkan ketajaman otak, menurunkan gula darah dan menurunkan berat badan.

Plum juga mengandung antioksidan tinggi berupa neochlorogenic dan chlorogenic yang digolongkan sebagai fenol. Dimana bisa mencegah kerusakan oksigen dalam lemak.

Terkait upaya pengurangan sampah plastik, Wali Kelas IC yang karib disapa Emma menjelaskan bahwa untuk kegiatan Parenting School di kelasnya masih menggunakan air kemasan sekali pakai. Dia berdalih jika masih dilema dengan dua hal.

Read:  Bung Tomo Bulatkan Tekad Berhaji Setelah Antri 10 Tahun

Dia tetap mendukung kampanye pengurangan plastik demi kelestarian lingkungan. Namun kata Emma, sampah plastik juga penuh manfaat untuk dijadikan kreatifitas dan dipajang di kelas maupun di lingkungan sekolah pada umumnya.

“Kemasan plastik seperti gelas dan juga botol yang tidak terpakai lagi kita manfaatkan untuk dijadikan bunga ataupu. hiasan di kelas dan di sekolah”, tandasnya.

Di sekolah yang berstatus Sekolah Dasar Rujukan (SDR) itu tidak ubahnya dengan sekolah lain di Bantaeng. Dekorasi keren dan menarik di sekitarnya didominasi daur ulang plastik. (*)