Lepas Peserta Karnaval, Bupati Bantaeng Minta Masyarakat Pertahankan Nilai Budaya

Kegiatan Karnaval Budaya Bantaeng.
Karnaval Budaya di Bantaeng dalam rangka HJB ke-765 (05/12/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Menjelang Hari Jadi Bantaeng (HJB) ke-765 yang diperingati tanggal 7 Desember 2019, Pemerintah Kabupaten Bantaeng menggelar Karnaval Budaya pada Kamis (05/12/19). Start dan finish di Kawasan Pantai Seruni Bantaeng.

Diikuti ribuan peserta dari 8 kecamatan yang ada di Bantaeng. Tiap kontingen mengikutkan ratusan warga masyarakat beserta jajaran Pemerintahan di tingkat Kecamatan maupun Desa dan Kelurahan di wilayahnya.

Karnaval itu dibuka secara resmi Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin. Diiikuti dengan pelepasan sekaligus menyaksikan peserta menampilkan beragam pertunjukan seperti rebana, a’manca’ (silat tradisional khas Sulawesi), tarian, ritual prosesi perkawinan, kecapi dan marching band.

Dikatakan karnaval itu merupakan ruang aktualisasi bagi anak-anak muda maupun masyarakat secara umum untuk senantiasa bergerak mempertahankan nilai-nilai budaya di Kabupaten Bantaeng.

“Mari kita senantiasa mempertahankan nilai-nilai budaya. Semoga menjadi komitmen kebersamaan kita melalui Festival dan Karnaval Budaya ini”, pintanya.

Hadir dikesempatan sama diantaranya Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng, Hamsya Ahmad, Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin, Kapolres Bantaeng, Wawan Sumantri, Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wulaa dan unsur Forkopimda lainnya.

Read:  Puskesmas Sinoa Libatkan Pelajar Semarakkan HUT RI 74

Termasuk Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Sri Dewi Yanti yang mendampingi Ilham. Selain itu hadir pula Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bantaeng, Hj Rahma Arsyad, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bantaeng, Vinka Nandakasih serta para Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

Read:  Dinkes-JOIN Bantaeng Bekali Petugas Promkes Ilmu Jurnalistik

Ditambahkan Bupati yang akrab disapa IA bahwa karnaval itu momen tepat untuk mempersembahkan kepada masyarakat bagaimana seharusnya budaya dapat mencirikan kearifan lokal.

“Saya Ilham Azikin membuka Karnaval Budaya hari ini. Semoga bisa menjadi wujud kecintaan kita pada Kabupaten Bantaeng”, tuturnya.

Hingga finish, IA bersama Sri dan para pejabat teras daerah ini tetap setia menyaksikan karnaval. Sebagian peserta bahkan menyiapkan persembahan berupa paket makanan seperti kue ataupun komoditi khas asalnya semisal buah mangga.

Read:  Nurdin Abdullah Dorong Wahana Permainan Pantai Marina Bantaeng Menjadi Program Prioritas

Disamping karnaval budaya antar kecamatan pada siang hingga sore itu juga diikuti puluhan Tukang Becak yang menghadirkan becak hias yang kental dengan nuansa HJB ke-765 yang mana tahun ini mengusung tema “Selangkah Lebih Jaya”. (*)