Malam Takbiran atau Kontes Petasan

Adu petasan.
Warga menyalakan petasan dan meledakkannya di tengah jalan (04/06/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Malam takbiran yang ditunggu-tunggu bagi seluruh umat Muslim dan Muslimah menjadi moment indah menghadapi bulan Syawal 1440 H. Seperti halnya di Kabupaten Bantaeng, kota kecil di Provinsi Sulawesi Selatan ini pada Selasa malam (04/06/19), bertepatan dengan 30 Ramadhan 1440 H, juga diramaikan masyarakat bergembira akan datangnya Idul Fitri Rabu besok (05/06/19).

Read:  SDN 5 Lembang Cina Awali Deklarasi One Teacher One Innovation

Hanya saja ada kebiasaan yang kurang pas di hati kalangan Muslim dan Muslimah. Setiap tahun selalu saja diwarnai dengan hentakan suara petasan menerjang pengguna jalan raya.

Ditambah percikan kembang api yang berhamburan dari petasan yang meledak ataupun jenis kembang api itu sendiri. Melalui moment ini terkirim untaian kata untuk mengingatkan para pemilik senjata malam takbiran bernama petasan dan kembang api.

Read:  Masjid Tua di SulSel Berlakukan 2 Imam Shalat Tarwih Selama Ramadhan 1440 H

Semoga kesadaran muncul dan mengisi relung hatinya agar bisa mengurangi sikap yang cenderung bisa mengganggu dan merugikan pengguna jalan raya. Betapa tidak ketika petasan mengenai anggota tubuh ataupun benda-benda disekitarnya bisa berakibat fatal.

Bahkan suaranya saja sangat mengganggu, sebagian petasan ada yang menyerupai suara senjata saat melontarkan peluru dari moncongnya. Tentu bagi sebagian orang dengan pendengaran tidak normal bisa semakin memperparah alat pendengarannya.