Nurdin Abdullah Yakin Stadion Mattoanging Berdampak ke Sektor Pariwisata

Perencanaan penganggaran Stadion Mattoanging.
Rapat Paripurna DPRD SulSel terkait Nota Kesepakatan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2021 (27/08/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Pembangunan Stadion Andi Mattalatta Mattoanging menjadi prioritas Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov SulSel). Perencanannya disiapkan masuk ke dalam batang tubuh penganggaran APBD (Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah) Tahun 2021.

Nurdin Abdullah selaku Gubernur SulSel menegaskan bahwa stadion kebanggan masyarakat SulSel itu penting untuk diperbaiki. Tak hanya olah raga, kehadiran stadion yang lebih bagus dari kondisi sebelumnya akan berdampak pada sektor lain seperti ekonomi dan pariwisata.

“Punya stadion berskala internasional, event-event akan banyak dilaksanakan di Makassar. Tentu orang yang datang butuh hotel, mereka akan memenuhi restoran, rumah makan, warung dan akan berwisata”, ungkapnya.

Kepariwisataan menjadi sangat sibuk dengan meningkatnya kunjungan Wisatawan Nusantara (Wisnus) yang menjadi atlet ataupun penonton. Bahkan tidak menutup kemungkinan Wisatawan Mancanegara ikut meningkat.

Read:  Gegara Olimpiade Bahasa Arab, Deisy Ratnasari Disorot Media Lokal Hingga Nasional

Tentu kata dia, SulSel akan mengalami pemulihan ekonomi signifikan akibat pandemi COVID-19. Untuk itu, Gubernur SulSel minta perhatian dan komitmen penuh DPRD SulSel dalam mengawal program prioritas pembangunan SulSel.

“Mohon pengertian kita semua. Pembangunan Stadion Mattoanging adalah program prioritas di tahun 2021”, terang dia.

Hal itu disampaikan dengan gamblang di hadapan para Legislator SulSel di Gedung DPRD Provinsi SulSel, Kamis (27/08/20). Dia hadir mengikuti Rapat Paripurna DPRD SulSel terkait Penandatanganan Nota Kesepakatan mengenai Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas Plafond Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran 2021.

“Stadion Mattaoanging ini, harga diri masyarakat SulSel. Menjadi harapan masyarakat, makanya harus selesai”, tegas dia.

Di samping APBD, pihaknya juga berharap dapat serapan dana melalui APBN. Terlebih karena rancangan yang disiapkan memenuhi standar stadion internasional.

“Semoga bisa didanai APBN untuk pembangunan stadion kita ini”, tuturnya.

Karenanya, Nurdin Abdullah terus mendorong program tersebut ke pusat. Dia berdalih, ingin mengembalikan marwah Stadion Mattoanging sebagai stadion paling layak di Indonesia Timur untuk gelaran event nasional maupun internasional.

Read:  Nurdin Abdullah Saksi Dibangunnya Asrama Putri Mahasiswi di DIY

Sebut saja kata dia, stadion yang berlokasi di Jalan Cendrawasih Nomor 200-202, Kelurahan Mario, Kecamatan Mariso, Kota Makassar itu pernah ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-IV. (*)