TEMANTA, Inovasi Dispar Bantaeng Libatkan Anak Kenalkan Wisata Edukasi

FGD dan observasi terkait inovasi TEMANTA.
Rahman Ramlan mengupas tuntas inovasi TEMANTA.

Sementara paket kedua berupa paket wisata bagi anak di tingkat pendidikan dasar. Pada paket ini, anak akan mengikuti perjalanan wisata, nantinya dikenalkan padanya sejarah Bantaeng (wisata sejarah) yang berakhir di Pantai Marina.

Untuk itu, Fiqih mengundang sejumlah guru PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), SD (Sekolah Dasar) dan SMP (Sekolah Menengah Pertama) untuk melihat langsung calon lokasi yang akan dikembangkan menjadi wisata edukasi.

Read:  Tujuh Pegawai Rutan Kelas IIB Bantaeng Naik Pangkat, Ishak: Bukan Hak ASN

Mereka difasilitasi bus, dari Kantor Dispar Bantaeng menuju Pantai Marina Bantaeng di Desa Baruga, Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng dan langsung melakukan observasi lapangan, Kamis (12/09/19).

Beberapa area di destinasi wisata itu sedianya disiapkan sebagai lokasi pengembangan paket wisata TEMANTA. Usai observasi, peserta mengikuti diskusi, sharing serta mendapatkan bekal ilmu pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang dihelat di Gedung Baruga Kr Latippa Pantai Marina Bantaeng.

Read:  Puasa Dibawah Pohon Ada di Pantai Seruni Bantaeng

Rahman Ramlan selaku Fasilitator dari Bonthain Institute dimandat sebagai pemandu untuk membedah TEMANTA. Disampaikan bahwa sebuah perencanaan ide inovasi yang berbasis kebutuhan pengguna (user) akan lebih memberikan jaminan keberlanjutan karena masyarakat dilibatkan dalam proses perencanaan dan pengembangan ide.