Peresmian Puskesmas Kota dan Puskesmas Ulugalung Bantaeng (08/03/2019).

Puskesmas Kota dan Ulugalung Bikin Status Baru, Bupati Bantaeng: Perbanyak Senyum

Bantaeng, Jum’at (08/03). Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin meresmikan Puskesmas Kota di Jalan Elang, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng, Jum’at pagi, 8 Maret 2019. Puskesmas ini sebelumnya berstatus rawat jalan, naik status menjadi rawat inap.

Demikian halnya Puskesmas Ulugalung yang berlokasi di Pullauweng, Desa Ulugalung, Kecamatan Eremerasa. Keduanya dikonversi statusnya sekaligus serentak diresmikan pemanfaatannya di tempat sama yakni di Puskesmas Kota Bantaeng.

Read:  Puskesmas Sinoa Libatkan Pelajar Semarakkan HUT RI 74

Bupati dalam sambutannya berpesan agar pelayanan kesehatan lebih ditingkatkan lagi seiring berubahnya status dari 2 puskesmas tersebut. Hal itu menjadi penting untuk menjawab harapan masyarakat dengan menghadirkan layanan puskesmas rawat inap.

“Pembangunan fisik gedung puskesmas harus diimbangi dengan pembangunan Sumber Daya Manusia seluruh pelayan kesehatan. Perbanyak senyum kepada pasien dan masyarakat”, ujarnya.

Senada itu, Kadis Kesehatan Kabupaten Bantaeng, Andi Ichsan menuturkan bahwa puskesmas rawat inap merupakan salah satu upaya meningkatkan kualitas serta mendekatkan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

Read:  Jalur Rempah dan Kapal Arka Kinari, KadisBudPar: Semangat Untuk SulSel Jaya

“Semoga kasus-kasus dasar bisa kita selesaikan di puskesmas rawat inap. Sehingga RSUD Prof Dr HM Anwar Makkatutu tidak menjadi Puskesmas Raksasa di masa mendatang”, harap dia.

Selain 2 puskesmas itu, tahun 2019 disiapkan lagi 3 puskesmas untuk dikonversi menjadi rawat inap yakni Puskesmas Moti, Puskesmas Lasepang dan Puskesmas Pa’bentengang. Dengan begitu semua puskesmas di Bantaeng sudah berstatus rawat inap di tahun 2020. (*)