Bunda Pustaka SD Negeri Borong Bersama PMI Kota Makassar Adakan Donor Darah

 

Donor darah SD Negeri Borong.
Tim PMI Kota Makassar bersama segenap Guru dan Kepala SD Negeri Borong (03/09/22).

AMBAE.co.idMakassar. Bunda Pustaka SD Negeri Borong Makassar, bekerja sama dengan UTD PMI Kota Makassar mengadakan donor darah, Sabtu, 3 September 2022. Aksi donor darah ini bertepatan dengan Hari Palang Merah Indonesia. Aksi ini dilaksanakan di Perpustakaan Gerbang Ilmu UPT SPF SDN Borong Makassar.

Dalam kegiatan kemanusiaan ini, terlihat antusias dari para pendonor. Meski ada yang menampakkan ekspresi rasa takut karena baru pertama kali ikut donor darah.

“Besar sekali jarumnya, takut ka lihat ki,” kata salah seorang pendonor, Sultan yang kental dengan dialeg Makassar.

Sultan merupakan anggota Laskar Pelangi yang ditempatkan sebagai staf administrasi di SD Negeri Borong. Lain-lagi dengan H Abdul Razak, S.Pd, Kepala UPT SPF SD Inpres Tamangapa, yang sudah sering ikut donor darah.

Read:  Bunda Pustaka SD Negeri Borong Gelar Coloring Competition Pada Puncak HAN 2022

Kata Razak, jika dia mendengar ada aksi donor darah, maka dia akan mendatangi tempat tersebut. Adalah suami dari Sahrina, S.Pd, salah seorang Tenaga Pendidik di UPT SPF SDN Borong Makassar.

Kurang lebih 30-an partisipan dari berbagai kalangan turut berpartisipasi dalam aksi donor darah ini. Ada ibu rumah tangga, karyawan, mahasiswa, guru dan kepala sekolah.

Sebelum donor darah, dilakukan pengecekan kesehatan terlebih dahulu. Tidak semua yang ingin berpartisipasi bisa mendonorkan darahnya.

Read:  Gubernur NA Tetapkan Jambore Literasi Nasional 2020 Dilangsungkan di Bantaeng

Sebagaimana dialami Ramlah atau biasa dipanggil Bunda Awang, Sekretaris Bunda Pustaka Periode 2021/2022. Walaupun beliau sering ikut donor darah, tapi kali ini tidak lolos cek kesehatan, karena tekanan darahnya tinggi.

Begitu pula dengan Mulyati Husain, Ketua Bunda Pustaka Periode 2022/2023. Karena tekanan darahnya tinggi, menyebabkan dia tidak bisa ikut mendonorkan darahnya.

Ada 6 orang yang dikirim oleh Tim Unit Transfusi Darah Kota Makassar dalam kegiatan ini. Mereka terdiri dari dokter, koordinator tim, bagian teknis, administrasi, dan seorang pengemudi.

“Saya sangat senang melihat antusiasme Ibu-ibu untuk berpartisipasi dalam aksi donor darah ini. Walaupun banyak sekali yang tidak lolos dalam cek kesehatan,” kata Rifaldy Raif, salah seorang Tim Administrasi dari UTD PMI Makassar.

Sebelum tim meninggalkan lokasi donor darah, mereka mengucapkan terima kasih kepada Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd dan Bunda Pustaka SD Negeri Borong. Kegiatan yang sangat bermanfaat seperti ini diharap rutin dilakukan. Juga inisiatifnya bisa berasal dari kelompok masyarakat maupun instansi.

“Terima Kasih banyak bu. Semoga kedepan kita bisa bekerja sama lagi. Karena dengan aksi donor darah ini, kita bisa membantu orang-orang yang membutuhkan darah,” ucap Srinova, Tim Teknis UTD PMI Kota Makassar. (*)