Car Free Day Sudirman, Liestiaty F Nurdin: Pak Gubernur Sudah Setuju Dibuka Kembali

 

Usulan CFD oleh YKI Sulsel dan PERWOSI Sulsel.
Ketua YKI Sulsel sekaligus Ketua PERWOSI Sulsel melakukan senam (21/08/22).

AMBAE.co.idMakassar. Tepat hari Ahad, 21 Agustus 2022, Jalan Sudirman Makassar dibuka kembali untuk area Car Free Day (CFD). Keputusan itu diambil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman setelah mendapat masukan dari Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Sulsel.

“Saya sudah langsung pak Gubernur sendiri, pak Gub, Saya sebagai Ketua Persatuan Wanita Olahraga Indonesia (Provinsi Sulawesi Selatan), meminta dengan sangat supaya Car Free Day di Sudirman dibuka. Dan Alhamdulillah, hari ini sudah mulai dibuka,” ujar Hj Liestiaty F Nurdin, disambut teriakan hore…! berkat PERWOSI… peserta senam.

Ketua YKI Sulsel itu mengungkapkan detailnya di hadapan peserta senam bersama, yang ditempatkan di Jalan Boulevard Makassar. Kala itu, organisasi yang dipimpinnya melaksanakan senam bertajuk “Sehat dan Bahagia” dengan tema “Sulsel Merdeka dari Kanker Stadium Lanjut”.

Read:  Bukannya di Tribun Timur Tapi di Sisi Barat Stadion Lamalaka IA Buka Turnamen Bola U-40

Senam itu sendiri bagian tak terpisahkan dari kampanye disertai upaya nyata dari YKI Sulsel untuk mewujudkan Sulsel dapat terbebas dari kanker. Pihaknya bahkan menggandeng beberapa organisasi wanita, organisasi kesehatan, dan juga Klinik Prodia.

“Terima kasih banyak sudah hadir disini. Minggu depan kita sama-sama di Novotel (Hotel), siapa saja yang mau bergabung, silakan,” kata dia.

Tak lupa, Lies menyampaikan terima kasih sekaligus mengapresiasi Gubernur Sulsel yang menyetujui dibukanya kembali CFD. Area CFD sebelum Pandemi COVID-19 terhitung di sepanjang Jalan Sudirman, membentang mulai di depan Rumah Jabatan Gubernur Sulsel hingga sekitar depan Monumen Mandala.

Untuk diketahui, 2018 hingga 2020 silam, Lies kerap hadir dan membuka sejumlah acara di tengah ramainya CFD Sudirman. Dikatakan pula jika manajemen Novotel Hotel siap memberi dukungan kepada YKI Sulsel dalam meramaikan CFD.

“Novotel memfasilitasi kita juga. Voucher hotel dan beberapa hadiah lainnya, Inshaa Allah,” tambah Lies yang kembali mendapat sorakan, Aamiin… dari ratusan pesenam.

Mereka yang hadir Ahad pagi itu, dapat memeriksakan diri untuk mengetahui gejala kanker. Terutama kanker payudara dan kanker serviks (leher rahim) berkat kerja sama apik Klinik Prodia dengan YKI Sulsel.

“Alhamdulillah, hari ini sambil berolahraga bisa bersilaturahim, Alhamdulillah dapat pahala. Terima kasih banyak Saya ucapkan Ibu-ibu Ketua Organisasi yang sempat hadir pada hari ini,” pungkasnya.

Lagi-lagi mengajak masyarakat Sulsel untuk menyemarakkan kegiatan berolahraga di CFD Sudirman. Manakala, di hari Ahad itu, Lies yang menggawangi YKI Sulsel dan PERWOSI (Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia) Sulsel telah mengawali CFD di bilangan Boulevard.

Read:  Dini Aminarti, Siswi MAN Bantaeng Jabat Bupati Bantaeng

Terkait usulan kepada Gubernur Sulsel, selain dari YKI Sulsel melalui sambungan telepon, juga dilayangkan surat dari PERWOSI Sulsel. Tertanggal 15 Agustus 2022, dengan Nomor 011/PW-Prov/VIII/2022, Perihal Permohonan Kegiatan Car Free Day (CFD), surat yang ditandatangani langsung Lies dan dibubuhi stempel, ditujukan kepada Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel.

“Melalui surat ini, kami meminta pelaksanaan Car Free Day (CFD) dapat dilaksanakan pada setiap hari Minggu pagi di area Jl. Jenderal Sudirman, Kec. Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan,” tulisnya, dikutip sebagian dari isi surat ber-kop PERWOSI Sulsel.

PERWOSI Sulsel dalam hal ini mengharapkan Dishub Sulsel dapat menjadi fasilitator terbukanya area tersebut untuk CFD, serta merta ditutup sementara waktu untuk akses berkendara. Dengan CFD, menurutnya dapat menambah kebugaran masyarakat yang kemudian meningkatkan kualitas imun tubuh, terlebih Pandemi COVID-19 belum jua berakhir. (*)