OPD Terdekat Rujab Gubernur Sulsel Utus Puluhan Pegawainya Mengikuti Apel Perdana Pasca Lebaran

 

Perdana pelaksanaan Apel Pagi setelah Idul Fitri 1443 H.
Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan amanatnya pada Apel Pagi perdana di Rujab Gubernur Sulsel (09/05/22).

AMBAE.co.idMakassar. Hari kerja pertama di lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) diawali dengan Apel Pagi Akbar. Tepatnya pada Senin pagi, 9 Mei 2022 di Halaman Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel.

Diwarnai berkumpulnya pegawai dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah), baik Dinas, Badan, Kantor, Unit Kerja maupun UPT (Unit Pelaksana Teknis). Mereka adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dengan level berjenjang mulai Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional hingga Pejabat Pelaksana.

Tak ketinggalan jajaran Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Provinsi Sulsel. Adalah OPD tetangga terdekat dari Rujab Gubernur Sulsel yang menempati Gedung MULO di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 23, Kelurahan Mangkura, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Sedikitnya 51 PNS turut ambil bagian pada Apel Pagi tersebut atau sekira 44,34 persen dari total PNS Disbudpar Sulsel. Ditambah sejumlah Non PNS yang hadir di sekitar lokasi Apel Pagi meskipun tidak ikut berbaris sebagai peserta.

“Jumlah Pegawai Negeri Sipil di Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan sebanyak 115 orang,” jelas Zulfikar selaku Kepala Sub Bagian Umum, Kepegawaian, dan Hukum Disbudpar Sulsel.

Tampak pula Kepala Disbudpar Sulsel, Muhammad Jufri dan Sekretaris Disbudpar Sulsel, D Khaddafi. Apel Pagi dimulai sekitar pukul 07:30 WITA, tampil sebagai Pembina Apel yakni Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman.

Read:  Trio Dewi Wakili SulSel pada 50 Besar ADWI 2021

Gubernur mengapresiasi pelaksanaan Apel Pagi karena dihadiri ribuan peserta dari kalangan PNS. Dikatakan bahwa kegiatan itu sebagai upaya untuk meningkatkan kedisiplinan sebagaimana ketentuan yang mengatur seorang Aparatur Sipil Negara (ASN).

Begitu semaraknya, kemacetan terjadi di sekitar Rujab Gubernur Sulsel. Paling mencolok arus lalu lintas yang melewati Jalan Sungai Saddang, Jalan Sungai Tangka, Jalan Gunung Kelabat, dan Jalan Jenderal Sudirman.

Read:  Disbudpar SulSel Gaet Komunitas Lari Kenalkan Budaya Lokal

Puluhan kendaraan memadati halaman Disbudpar Sulsel sebagai alternatif lahan parkir terdekat dan terluas. Muhammad Jufri menyampaikan jika kantor tempatnya bekerja senantiasa terbuka untuk dijadikan lokasi parkira sementara.

“Jadi ini sudah lumrah ya, apalagi kantor kami ini tetangganya Rujab Gubernur. Biasanya ada acara di sebelah seperti Apel Pagi tadi, teman-teman biasa memarkirkan kendaraannya karena dekat dan cukup luas,” tuturnya.

Jufri tak lupa menyampaikan terima kasih kepada jajarannya, terutama Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) yang membantu mengatur dan menata kendaraan. Begitu pun PNS yang telah dengan ikhlas kata dia, menghadiri Apel Pagi perdana pasca lebaran dalam rangka libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

“Terima kasih teman-teman Sat Pol PP, ini bentuk pelayanan kita. Dan Saya kira sebagai orang pariwisata, teman-teman sudah terbiasa melayani, disiplin dengan tugas dan tanggung jawabnya, baik sebagai PNS maupun teman-teman Non PNS,” ujar Jufri.

Karakter pariwisata ini kata Jufri ditingkatkan lagi di masa mendatang. Seiring tantangan untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat, termasuk wisatawan yang akan dan telah mengunjungi destinasi wisata di 24 Kabupaten/Kota di Sulsel. (*)