Professor Nurdin Abdullah Perintahkan Stakeholder Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Membuka Launching Sensus Penduduk 2020 SulSel.
Nurdin Abdullah (kedua dari kanan) melaunching Sensus Penduduk 2020 untuk Provinsi SulSel (06/02/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Berbicara di hadapan para pemangku kepentingan serta Kepala Daerah se-Sulawesi Selatan (SulSel), HM Nurdin Abdullah memerintahkan seluruh stakeholder agar mensukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020.

Dikatakan selaku Gubernur SulSel saat membuka pencanangan program nasional itu di Claro Hotel, Kota Makassar, Kamis (06/06/20).

“Saya minta kepada seluruh stakeholder terutama kita semua untuk ikut mensukseskan Sensus Penduduk”, pinta dia.

Pencanangan Sensus Penduduk 2020 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) itu dihadiri pula Inspektur Utama BPS RI, Ahmad Jaelani serta Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Amir Uskara.

“Kita harus betul-betul membangun sistem untuk memudahkan pelaksanaan program sensus penduduk”, imbuhnya.

Tak hanya sekedar mendukung kata Professor yang adalah Mantan Bupati Bantaeng Periode 2008-2018 itu. Lebih penting lagi bahwa Pemprov SulSel telah menyiapkan diri menggerakkan stakeholder dalam proses pendataan agar semakin mudah dilakukan.

“Insya Allah kita bukan saja mendukung, namun ikut melakukan. Kita kan punya Dukcapil, kita juga ada Bupati/Walikota, Camat serta Kepala Desa dan Lurah”, jelasnya.

Terkait itu, dirinya berharap ada gerakan masif dilakukan seluruh stakeholder mulai dari Provinsi hingga Kabupaten/Kota dan Desa/Kelurahan. Pendataan akan lebih mudah jika terjalin kolaborasi, sinergitas serta koordinasi yang kuat satu sama lain.

“Sensus penduduk sangat penting untuk kita lakukan. Ke depan kita harus duduk bersama BPS”, pungkasnya.

Di era Industri 4.0 ini kata Guru Besar Universitas Hasanuddin (UNHAS) Makassar itu, pendataan akan lebih mudah jika benar-benar bisa menyikapi kemajuan teknologi.

Read:  Gandeng PT IKI, Pemprov SulSel Sejahterahkan Masyarakat Pulau Melalui Penyiapan Kapal Fiber

Sementara itu, Ahmad Jaelani meminta dukungan penuh Gubernur SulSel. Dan atas pernyataan Nurdin Abdullah sebelumnya, Jailani mengucapkan terima kasih.

“Kami mohon dukungan Bapak Gubernur bersama seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan. Sensus penduduk di SulSel ini kita harapkan berjalan baik”, tutur dia.

Pada kesempatan sama, Amir Uskara menegaskan agar anggaran sebesar 4 Trilyun Rupiah untuk Sensus Penduduk tahun 2020 dapat dimanfaatkan dengan baik. Karena dia meminta pendataan bisa maksimal dilaksanakan BPS.

“Saya harap BPS turunkan tim berkualitas dan berkompeten. Jangan asal-asalan, bukan itu harapan kita semua, tapi hasilnya harus maksimal”, tutupnya.

Mengenai hasil yang harus dicapai, Amir Uskara mewanti-wanti BPS untuk menghasilkan data valid. Data itu nantinya menjadi rujukan terhadap berbagai kebutuhan baik untuk Pemerintah maupun Swasta. (*)