Pemkab Bantaeng Kerahkan ASN Bersihkan Pasar Sentral

Pelaksanaan kerja bakti di Pasar Sentral Bantaeng.
Ilham Azikin (rompi hitam) didampingi beberapa ASN meninjau kondisi Pasar Sentral Bantaeng dalam rangkaian kerja bakti (31/01/20).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng menurunkan ratusan ASN (Aparatur Sipil Negara) untuk melakukan kerja bakti di sekitar wilayah perkotaan pada Jum’at pagi (31/01/20).

Pantauan langsung AMBAE, H Ilham Azikin (IA) selaku Bupati Bantaeng turut bersama sejumlah Pejabat lingkup Pemkab Bantaeng mengecek kondisi Pasar Sentral Bantaeng. Sesekali IA membuka penutup saluran drainase yang terbuat dari papan di area pasar tersebut.

Sementara para ASN disibukkan menyapu serta mengumpulkan sampah di ruas jalan kawasan pasar yang berada di persimpangan Kelurahan Bonto Atu, Bonto Sunggu dan Bonto Rita di Kecamatan Bissappu.

“Bagus mungkin ini dibuat lebih dalam dan sering dibersihkan”, tuturnya sambil turun ke salah satu saluran untuk mengukur kedalaman dan lebarnya.

Pasar Sentral Bantaeng dilanda banjir beberapa waktu lalu. Disamping karena tingginya curah hujan yang mengguyur Bantaeng selama kurang lebih 3 jam, juga gegara kondisi saluran yang tersumbat.

Read:  Kunjungi HPMB Bandung dan Yogyakarta, IA: Jangan Anggap Remeh Covid-19

Diduga dipicu kepedulian masyarakat yang kurang dalam menjaga kebersihan pasar. Terbukti sampah menumpuk di saluran drainase, demikian halnya sebagian pedagang justru menempati trotoar dan bahu jalan untuk berjualan.

Pada akhirnya air kian tergenang khususnya saat banjir pekan lalu. Pembersihan kali ini diharapkan mendorong kepekaan masyarakat agar ikut menjaga kebersihan, terlebih menghadapi musim hujan.

Read:  Bantaeng Masuk Jajaran Daerah Dengan Akuntabilitas Kinerja Berpredikat B

Sebelumnya ASN dari berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lingkup Pemkab Bantaeng melakukan kerja bakti di Lapangan Hitam Pantai Seruni Bantaeng. Kegiatan itu sebagai tindak lanjut arahan yang beredar secara berantai melalui pesan WhatsApp sehari lalu.

“Ijin menyampaikan kepada seluruh OPD untuk hadir bersama stafnya dalam rangka melakukan kerja bakti bersama pada hari Jumat, tanggal 31 Januari 2020, jam 07:00 di Lapangan Hitam Pantai Seruni dengan berpakaian olah raga”, dikutip dari pesan tersebut.

Disebutkan juga agar ASN membawa serta peralatan kebersihan masing-masing. Seperti tampak di lokasi kerja bakti, ASN ada yang membawa sapu ijuk, sapu lidi serta sekop sampah. (*)