Plastik Menyumbat Saluran Irigasi, Ilham Azikin: Kalau Hujan Deras, Buka Tutup Drainase

Bupati Bantaeng meninjau penyebab banjir.
Ilham Azikin (tengah) meninjau drainase di Lingkungan Garegea Bantaeng (27/01/20).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Banjir yang terjadi 2 hari lalu di Kabupaten Bantaeng menarik simpatik Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin untuk meninjau langsung kondisi daerah yang dipimpinnya itu, khususnya area yang terkena dampak serta asal air bah.

Meski tidak separah daerah lainnya di Indonesia, Ilham berharap banjir tidak terulang kembali. Diketahui Bupati bergelar Doktor itu sedang berada di luar daerah saat banjir datang pasca hujan deras selama kurang lebih 3 jam.

“Kalau hujan deras, buka tutup drainase agar air hujan langsung terserap dan tidak menggenang”, imbuhnya.

Dia mengajak warga agar peka dan turut mengambil bagian tatkala hujan mulai deras mengguyur lingkungan masing-masing warga. Itu disampaikan kepada pedagang yang ada di Pasar Sentral Bantaeng.

Area tersebut kerap menjadi langganan banjir karena berada tak jauh dari bantaran sungai yang membelah Kelurahan Bonto Rita dan bermuara Kelurahan Bonto Sunggu. Drainase yang hulunya di Kelurahan Bonto Atu pun kerap meluap dan mengalir ke sisi Barat pasar tersebut.

Read:  Laga Perdana Bantaeng Selatan Cup U-40, PS Goles Gowa vs Sinar Pagi Makassar

Akibatnya terjadi pertemuan arus di pasar yang memang berada di persimpangan 3 kelurahan di Kecamatan Bissappu itu. Disamping itu, sampah diduga menjadi penyebab utama air meluap dan semakin tergenang.

“Sampahnya jangan dibuang ke sungai. Kalau hujan, pasti tersumbat dan banjir”, tegasnya.

Demikian halnya kata dia, jangan membuang sampah ke drainase karena prasarana ini sangat penting untuk mengalirkan air serta menjaga Bantaeng tetap bersih dan tidak berbau.

Read:  Dimyati Nongpa Beri Wejangan Puluhan Babinsa se-Bantaeng

Ilham sebelumnya mengawali peninjauan lapangan bersama beberapa Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), H Abdullah Taibe, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR), A Syafruddin Magau, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Irfan Fajar serta Camat Bissappu, Bella.

Mengunjungi Lingkungan Garegea di Kelurahan Tappanjeng, Kecamatan Bantaeng. Ilham mendapati tumpukan sampah menyumbat saluran irigasi pertanian dan juga saluran dari Cekdam Balang Sikuyu.

Read:  Pemkab Bantaeng Kerahkan ASN Bersihkan Pasar Sentral

Ilham kemudian menginstruksikan pembersihan saat itu juga. Petugas Kebersihan dari DLH Bantaeng diterjunkan menangani sampah plastik dan batang kayu.

Abdullah Taibe berharap masyarakat bisa semakin menyadari pentingnya menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan. Terbebas dari sampah yang bisa berdampak pada banyak hal termasuk banjir dan terganggunya kesehatan. (*)