Kunjungi Maros, Ketua PKK SulSel Pantau Baksos Operasi Celah Bibir

Baksos Operasi Celah Bibir.
Liestiaty F Nurdin (tengah) disambut para Dokter saat memantau operasi celah bibir di Maros (16/01/20).

AMBAE.co.id – Maros. Hj Liestiaty F Nurdin selaku Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel), pada Kamis pagi (16/01/20) menyambangi RSUD Salewangang Kabupaten Maros.

Didampingi para Pengurus PKK dari 4 Pokja (Kelompok Kerja), Lies membuka sekaligus memantau langsung pelaksanaan Bakti Sosial (Baksos) terkait operasi celah bibir dan langi-langit di daerah itu.

Sedikitnya 12 orang mulai dari bayi berusia 8 bulan hingga remaja 16 tahun menjadi sasaran operasi. Baksos itu diadakan dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) yang ke-70 Cabang Maros.

“Baksos untuk operasi celah bibir dan langi-langit ini terselenggara berkat kerja sama antara PKK SulSel dengan PDGI dan PDGI Unhas Makassar”,

Operasi dimaksud tidak dibebankan biaya kepada para pasien. Dengan dalih untuk menekan angka stunting di SulSel, Lies mengapresiasi penuh kegiatan itu.

“Untuk mencegah stunting, salah satunya dengan menjaga kesehatan mulut. Kita harapkan cukup asupan gizi yang wajib diterima bagi tubuh khususnya selama masa pertumbuhan anak”, tutur Lies.

Dia berharap agar kegiatan itu dapat berkesinambungan. Lies bahkan menyebutkan jika baksos itu akan diadakan di seluruh Kabupaten/Kota di SulSel.

“Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan di 24 Kabupaten dan Kota yang ada di SulSel”, ujarnya.

Empat dokter gigi serta empat dokter anestesi ambil bagian selama proses operasi. Mereka merupakan Tim Dokter Rumah Sakit Salewangang dan Yayasan Celebes Cleft Centre Makassar. (*)

Read:  Ketua PKK SulSel Kenalkan Talas Satoimo ke Masyarakat