Rakerwil JOIN SulSel, Benny Nurdin: Biasanya WTS Lebih Galak Dari Penulis Asli

Pembukaan Rakerwil JOIN SulSel.
Benny Nurdin Yusuf membuka Rakerwil DPW JOIN SulSel di Hotel Demelia, Makassar (13/01/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) resmi digelar Dewan Pengurus Wilayah Jurnalis Online Indonesia (DPW JOIN) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) di Meeting Room, Hotel Demelia, Jalan Nikel Raya, Kota Makassar, Senin (13/01/20).

Dibuka Dewan Pembina DPW JOIN Sulsel, Benny Nurdin Yusuf, Rakerwil diikuti ratusan Jurnalis Media Online yang tergabung dalam DPD (Dewan Pengurus Daerah) JOIN Kabupaten/Kota se-SulSel.

Salah satu hal ditekankan dalam sambutannya terkait profesionalisme Jurnalis yang menjadi tuntutan sekaligus sebagai kebutuhan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi di era industri 4.0.

“Kehadiran JOIN di SulSel pada khususnya, bukan menjadi momok tetapi sebagai partner dengan mengedepankan kode etik serta profesionalisme”, tuturnya.

Dia yang juga Kepala BPTD Wilayah XVIII SulTra serta berdarah Kabupaten Bantaeng, SulSel itu menyayangkan karena masih ada Jurnalis yang tidak bisa menulis. Sehingga benar-benar jauh dari pencerminan profesionalisme.

“Masih ada Wartawan tidak bisa nulis. Dulu yang seperti ini kita sering menyebutnya WTS atau Wartawan Tanpa Surat Kabar”, ujar Benny.

Parahnya lagi kata Benny, WTS kerap mempertontonkan arogansi dibanding Jurnalis atau Wartawan yang memang handal di dalam menyajikan berita lewat tulisannya. Perilaku itu disinyalir telah merusak citra Kuli Tinta di mata pembaca pada umumnya.

“Biasanya yang begitu (WTS) lebih galak dari Penulis Asli. Padahal sekarang sudah era digitalisasi”, tegas dia.

Senada itu, Arry AS selaku Ketua DPW JOIN SulSel berharap sama agar kapasitas seorang Jurnalis terutama di dalam lingkup JOIN dapat terus ditingkatkan.

Read:  Di Hadapan Dewan, Bupati Bantaeng Utarakan Rencana Penyegaran Pemerintahan

Demikian halnya Rakerwil itu senantiaza dijadikan ruang untuk bersilaturahmi serta ajang meningkatkan kualitas kebersamaan dan harmonisasi.

“Dengan kegiatan Rakerwil ini, mari kita bangun harmonisasi, baik kini maupun dimasa mendatang”, imbuhnya.

Rakerwil Tahun 2019-2020 itu dirangkaikan Workshop Manajemen Organisasi. Dijadwalkan akan berlangsung hingga Selasa besok, 14 Januari 2020. (*)