12 Kades Resmi Dilantik, Bupati Bantaeng: Selamat Bertugas

Proses Pelantikan Kades di Bantaeng.
Bupati Bantaeng (tengah) bersama unsur Forkopimda pada Pelantikan Kepala Desa di Gedung Balai Kartini Bantaeng (24/12/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Bertempat di Gedung Balai Kartini Bantaeng, Selasa pagi (24/12/19) dilakukan Pengambilan Sumpah, Pelantikan dan Serah Terima Jabatan kepada Kepala Desa (Kades) se-Kabupaten Bantaeng yang telah memenangi Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) pada 16 Oktober 2019 lalu.

Ada 12 Kades baru segera menempati posisinya di 6 kecamatan berbeda yakni Fahruddin sebagai Kades Lonrong, Kecamatan Eremerasa, Mahmuddin Bonto Tangnga sebagai Kades Bonto Tangnga, Kecamatan Ulu Ere serta H Arifuddin P sebagai Kades Bonto Karaeng dan Irwan sebagai Kades Bonto Mate’ne di Kecamatan Sinoa.

Kades Layoa yakni Andi Supriadi HR dan Kades Bajiminasa, yakni Basir untuk Kecamatan Gantarang Keke. Berikutnya di Kecamatan Tompobulu masing-masing Sirajuddin sebagai Kades Labbo dan Andi Abdul Malik sebagai Kades Bonto Tappalang.

Read:  Pemuda Bantaeng Sebut Karang Taruna Tak Lebih Besar Dari Organisasi Mahasiswa

Di Kecamatan Pa’jukukang, dilantik Muhammad Amin Rais sebagai Kades Biangloe, H Basri S sebagai Kades Baruga, Sri Rahma Lilianti sebagai Kades Borong Loe dan Firdaus sebagai Kades Biangkeke.

Ke-12 Kades itu diambil sumpahnya lalu dilantik secara resmi Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin sekitar pukul 09:10 Wita. Disaksikan H Hartawan Zainuddin selaku Asisten I Bidang Administrasi Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng dan Chaeruddin Arsyad selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDPPPA) Kabupaten Bantaeng.

Hadir pula mengikuti kegiatan itu diantaranya unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng serta para Pejabag lingkup Kementerian dan ratusan masyarakat baik pendukung maupun kerabat dari 12 Kades tersebut.

Read:  Ribuan Penyuluh KB Akan Bertemu di Bantaeng, Jasmin: Pertama di Indonesia

Ilham lanjut melantik ditandai penyematan tanda kehormatan berupa pangkat dan lencana berlambang burung Garuda. Dalam sambutannya mengatakan selamat dengan telah resminya para Kades menjabat terhitung mulai hari itu.

“Kepada Saudara/Saudari Kepala Desa yang baru saja dilantik, Saya ucapkan selamat bertugas. Terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada pejabat Kepala Desa yang lama atas pengabdian yang diberikan dalam rangka membangun desanya hingga dapat mencapai prestasi seperti saat ini”, tutur dia.

Lebih khusus kepada para Kades yang terpilih untuk kesekian kalinya, Ilham berharap ini menjadi spirit agar lebih berprestasi lagi. Memberikan pelayanan lebih baik kepada masyarakat dalam rangka memajukan desa dan Kabupaten Bantaeng pada umumnya.

Read:  Mengakhiri Verlap KKS Bantaeng, Sri Dewi Yanti: Terima kasih, Kami Serahkan ke Bulukumba

Ilham juga menegaskan bahwa dirinya bersama Wakil Bupati Bantaeng dan Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng akan senantiasa memonitor pergerakan serta kondisi di desa, termasuk didalamnya kinerja Kades.

“Saya berharap tidak ada lagi rakyat yang dipolarisasi. Kewenangan diskresi ada dan melekat pada kami”, ujarnya.

Kewenangan itu sekaligus menjadi acuan baginya melakukan evaluasi terkait sejauh mana Kades mampu menjalankan amanah dan tanggung jawabnya mensejahterahkan rakyat yang dipimpinnya serta memberikan suasana aman dan kondusif pada wilayah kerjanya. (*)