Workshop Skill Development Center Kembali Digelar Pemkab Bantaeng

Workshop SDC Bantaeng.
Wabup Bantaeng beri sambutan pada Workshop SDC di Hotel Kirei Bantaeng (30/10/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Workshop Skill Development Center (SDC) digelar kembali di Kabupaten Bantaeng. Merupakan tahap ketiga yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng melalui Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian.

Tahap III SDC ini dilaksanakan di Hotel Kirei Bantaeng pada Rabu (30/10/19). Dimana dihadiri Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, A Irvandi Langgara, Kepala BLK Bantaeng dan Fitroh Hanrahmawan.

Sementara SDC diikuti para Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) ditambah Camat dan beberapa perwakilan OPD yang terkait. Sahabuddin menyampaikan bahwa SDC relevan dengan Misi Pemkab Bantaeng Periode 2018-2023 untuk mewujudkan SDM berkualitas.

“Menjadi kebanggaan bagi Pemerintah dan Masyarakat Bantaeng atas dipilihnya Bantaeng sebagai pilot project SDC oleh Pemerintah Pusat. Penguatan SDM sangat penting agar tenaga kerja baik putera maupun puteri Bantaeng dapat terserap dengan baik”, jelasnya.

SDC adalah konsep yang dibuat untuk mereka yang sudah lulus dan belum masuk ke dalam bursa kerja. Tiga unsur utama pada SDC yakni Akademik, Bisnis dan Government (ABG) diarahkan bisa menampung tenaga kerja.

Read:  Diajang Fun Bike and Walk, Telkomsel Kenalkan OMG!

Sementara itu, Bambang Warsito Adi selaku Senior Advisor Bappenas Bidang Ketenagakerjaan mengungkapkan alasan dipilihnya Bantaeng sebagai pilot project. Salah satunya karena jumlah pengangguran yang relatif sedikit dibanding daerah lainnya.

Bantaeng punya 3500 orang pengangguran dan menjadi penyumbang terendah di SulSel. Untuk skala SulSel sendiri sebesar 160 ribu orang dari total sekitar 7 juta pengangguran di Indonesia.

“Kami sadar, membangun SDM itu jauh lebih berat dibanding membangun infrastruktur. Kami ingin ada daerah, punya lembaga pendidikan yang dicontoh daerah lainnya”, terang Bambang.

Lanjutnya, Bappenas mengembangkan program SDC dengan pertimbangan bahwa SDM Indonesia masih terbelakang. Demikian halnya angka pengangguran lebih tinggi dibanding negara ASEAN lainnya.

Read:  Orang Tua Hebat Dari SD 7 Letta Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Perlu diketahui bahwa Wokrshop kali ini bertema “Penguatan Basic Data Demand”. Pada tahap I diadakan di Hotel Kirei tanggal 30 April hingga 1 Mei 2019 dan berlanjut tanggal 15 Juli 2019 di BM Hotel untuk tahap II. (*)