KBK III Finish, Panitia Optimis Dinas Perpustakaan Bakal Hadir Perdana Pada Jilid IV

Ketidak hadiran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantaeng pada Kemah Buku Kebangsaan Jilid III.
Gerbang utama lokasi KBK III (27/10/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Sedikit lagi KBK (Kemah Buku Kebangsaan) Jilid III akan segera berakhir. Tinggal satu lagi yang tak lain adalah puncak event berupa Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun, Senin (28/10/19).

Hingga detik ini kata salah seorang Pembina, Takdir bahwa ada satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Bantaeng yang seharusnya hadir memberi semangat serta dukungan penuh selama KBK berlangsung. Termasuk kata dia, sejak awal kegiatan digagas sekitar 3 bulan yang lalu.

“Dinas Perpustakaan Daerah Kabupaten Bantaeng sebagai leading sector untuk gerakan literasi, wajib datang dan membawa bekal di KBK. Kalau itu terjadi, tentu nilai OPD tersebut sebagai pengayom, pembina dan perwakilan Pemerintah dibidangnya lebih meningkat lagi”, jelas Takdir.

Karib disapa Abby, Pendiri Serambi Baca Tau Macca berharap di gelaran KBK Jilid IV tahun depan, dapat dikunjungi OPD bersangkutan. Dia pun optimis hal itu mewujud yang kemudian mengoreskan sejarah baru bagi para Pemuda Ulu Ere.

“Kami optimis untuk kehadirannya. Sekarang tidak hadir, harus kita maklumi tentunya karena sibuk”, urai Abby.

Demikian halnya selama KBK III yang sudah bergulir sejak 19 Oktober 2019, belum pernah OPD tersebut memperlihatkan batang hidungnya. Lagi, lagi Abby berkata itu mungkin karena kesibukan seluruh pegawainya.

“Jadi KBK ini kan sudah yang ketiga kalinya dalam 3 tahun. Dinas Perpustakaan Bantaeng tidak pernah datang sekalipun, tentu kami tidak perlu kecewa”, bebernya.

Sebagai pembanding kata dia, Perpustakaan EXPO beberapa waktu lalu Serambi Baca Tau Macca dan beberapa Taman Baca swadaya masyarakat hadir digelaran itu. Hal itu disebutnya sebagai bentuk penghargaan dan kepedulian.

Read:  Perpustakaan EXPO 2019, Asisten II Setda Bantaeng: Lebih Penting Literasi Keuangan

Sejalan disampaikan rekannya, Rahman bahwa KBK bersama Aliansi Pemuda Ulu Ere yang terus bergerak mengupayakan lahirnya Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan dan Literasi berharap masyarakat level bawah yang bersama Pegiat Literasi lainnya bersatu padu menggelorakan literasi meski harus tertatih-tatih di lintasan berbatu nan tajam tanpa alas sedikit pun.

“Jika memang ini adalah sebuah keikhlasan, maka gotong royong yang melandasi kerja-kerja kita, Insya Allah akan berbuah kenikmatan di ujungnya”, tutup Rahman.

Diketahui hingga hari terakhir KBK dihelat, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Bantaeng, Syahrul Bayan banyak memberi andil terhadap terselenggaranya event itu.

Read:  Awali Ramadhan 1440 H, Bupati Bantaeng Ucapkan Selamat Berpuasa

Demikian pula Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng, Hamsyah Ahmad dan beberapa Pegiat Literasi di daerah berjuluk Butta Toa. Bantuan mengalir baik moril, tenaga, materil maupun semangat. (*)