Libur Tanpa Bete, Install Aplikasi Berikut

Aplikasi ponsel.
Aplikasi Google Maps.

Sementara bagi Penulis, Muhlis Majid yang hari ini sedang melakukan perjalanan Mudik menuju kampung halamanannya menggunakan Google Maps sebagai pemandu. Bukan karena tidak mengetahui jalur ke Dusun Pattallassang, Desa Tabbinjai, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, tapi untuk memahami jalur mana harus dilalui agar tidak terjebak macet.

Pasalnya di berangkat menjajal rute di etape kedua dia Mudik. Berangkat dari Kota Makassar yang saat ini dipadati pengunjung dari 24 Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan untuk berbelanja.

“Beruntung ada Google Maps, tanda merah di peta digital ini menunjukkan ada penumpukan kendaraan. Jadi Saya bisa menghindari rute itu supaya cepat tiba di kampung”, jelas Muhlis via WhatsApp.

Aplikasi ponsel.
Aplikasi BMKG.

Sebagai pemudik kata Muhlis, dia juga butuh aplikasi milik BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika) untuk berjaga-jaga jika daerah yang akan dilaluinya sedang diguyur hujan atau kondisi cuaca ekstrim lainnya.

Read:  Why Twitter struck a deal with Google

Keduanya yang dikonfirmasi terpisah rupanya sepakat menyiapkan YouTube swbagai aplikasi wajib di ponselnya saat liburan. Di kampung Muhlis, jangankan akses internet dari penyedia ISP (Internet Service Provider) via kabel, infrastruktur jalanan yang memadai pun belum menyentuh daerah pedalaman di perbatasan antara Kabupaten Gowa dan Kabupaten Sinjai itu.