Ilham Azikin: JOIN Bantaeng Jadi Sparring Partner Pemerintah

Pelantikan DPD JOIN Bantaeng masa bakti 2019-2022.
Pengurus JOIN Bantaeng masa bakti 2019-2022.

AMBAE.co.id – Bantaeng. Dihadapan para Jurnalis, Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin menegaskan agar JOIN (Jurnalis Online Indonesia) Kabupaten Bantaeng menjadi “Sparring Partner” Pemerintah Kabupaten Bantaeng.

“Pemerintah dan media khususnya JOIN, kita jadi Sparing Partner”, tuturnya.

Hal itu disampaikan saat memberikan sambutannya pada Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Ketua dan Pengurus DPD (Dewan Pengurus Daerah) JOIN Kabupaten Bantaeng masa bakti 2019-2022 di Sunrise Cafe and Resto, Sabtu (04/05/19).

Menurut Bupati era milenial itu, Pemerintah tidak boleh takut dan berang dengan munculnya berita miring di sejumlah media baik online maupun cetak. Apalagi media online atau portal website hampir setiap detik dapat mempublikasikan berita karena didukung internet yang tidak lagi mengenal batas dan waktu.

Read:  Kaum Hawa Pun Doyan Tongkrongi Gunung Nona

Pemberitaan yang sifatnya menyorot kata dia, sepanjang didasari data dan fakta akurat, wajar diberitakan karena dapat menjadi masukan serta kritikan yang membangun bagi Pemerintah untuk senantiasa mengevaluasi dan berbenah diri ke arah pembangunan yang lebih baik.

“Jangan karena mengejar aktual kemudian mengabaikan unsur faktual. Tapi kalau aktual dan faktual ketemu, Saya yakin pertanggung jawaban di hadapan hukum bisa kita dapatkan”, jelas Ilham.

Dirinya juga menekankan agar jurnalis tetap obyektif membuat pemberitaan. Ketika pemerintahan yang dipimpinnya memberikan nilai positif, wajar menurutnya jika berita yang muncul sesuai fakta yang terjadi.

“Selain Sparring Partner, JOIN Bantaeng juga jadi Counter Partner. Jadi kalau ada yang bagus dibuat Pemerintah, sampaikan tongi (sampaikan juga) ke masyarakat”, ujarnya, kental dengan Bahasa Makassar berdialeg Bantaeng.

Sementara Alimin DS yang resmi menjabat Ketua JOIN Kabupaten Bantaeng usai dilantik A Rifai Manangkasi selaku Ketua DPW JOIN SulSel mengatakan bahwa jajaran JOIN Bantaeng akan senantiasa menjunjung tinggi dan mentaati aturan main jurnalisme.

“Pak Bupati, sampaikan ke Saya jika ada jajaran JOIN Bantaeng yang patut kita berikan teguran. Tapi semoga JOIN Bantaeng tetap berada dalam koridor yang benar”, pungkasnya.

Dia lalu meyakinkan orang nomor satu di Butta Toa (Tanah Tua) ini, pihaknya akan membangun dan menjaga sinergitas dengan Pemerintah supaya kebijakan yang digelontorkan Bupati Bantaeng tetap terarah serta betul-betul untuk kepentingan masyarakat. (*)

Read:  Wabup Bantaeng Minta Mahasiswa UNIBOS Terapkan Ilmunya Tingkatkan SDM