Peletakan Batu Pertama Masjid H Abd Malik Birea, Bupati Bantaeng: Agama Satukan Kita

Peletakan batu pertama Masjid H Abd Malik di Birea Land Bantaeng.
Bupati Bantaeng (tengah) bersama keluarga Almarhum H Abd Malik.

AMBAE.co.id – Bantaeng. Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin meletakkan batu pertama untuk pembangunan Masjid H Abd Malik di Dusun Birea, Desa Pa’jukukang, Kecamatan Pa’jukukang, Kabupaten Bantaeng, Senin (08/04/19).

Masjid ini berada dalam kawasan Birea Land, merupakan kompleks perumahan dengan konsep tanah kavling milik Almarhum H Abd Malik dengan luas kira-kira 5 Hektar. Hingga saat ini telah habis terjual sebanyak 520 kavling dan siap dibanguni pemilik masing-masing.

Dijelaskan Ahmad Sijaya selaku Ketua Panitia pembangunan Masjid bahwa pemilik Birea Land telah mewakafkan 4 kavling tanahnya seluas 28 x 16 meter untuk dibanguni Masjid. Di atasnya akan berdiri bangunan Masjid seluas 10 x 11 meter.

“Sesuai desain, badan Masjid seluas 10 x 11 meter ditambah teras masing-masing 2 meter dari total luas tanah 28 x 16 meter”, jelasnya.

Ditambahkan jika pihak keluarga Alrmarhum H Abd Malik telah menyiapkan tanah di sekitarnya untuk pengembangan Masjid di masa mendatang. Betapa tidak rencana pembangunan Masjid itu sudah sejak lama diinginkan masyarakat setempat yang kemudian bergayung sambut hadirnya Birea Land beserta tanah wakaf tersebut.

Read:  HPMB Bandung Luncurkan Aplikasi Info Corona Untuk 2 Daerah

Bupati Bantaeng berharap pembangunan Masjid itu secara inklusif dinikmati serta menjadi hak dan kewajiban seluruh masyarakat di Kecamatan Pa’jukukang. Bukan malah ekslusif dinikmati masyarakat di kawasan Birea Land saja.

Kehadiran tempat ibadah berupa Masjid dan semua kegiatan keagamaan baginya adalah alat pemersatu paling efektif di tengah perpolitikan bangsa, negara dan daerah yang semakin meninggi.

“Momentum positif pagi ini, Masjid dan kegiatan agama selalu menjadi ruang penyejuk bagi kita semua di tengah eskalasi politik yang meningkat”, tutur Bupati.

Selama 10 hari ke depan, dimana perpolitikan akan diwarnai pertarungan untuk meraih suara menjelang hari “H” Pemilu 2019, dia berharap Ukhuwah Islamiah tetap terbangun. Dapat dibuktikan pagi itu kata Ilham dengan hadirnya beberapa Calon Legislatif tingkat Provinsi Sulawesi Selatan maupun Kabupaten Bantaeng, duduk bersama bersilaturahim.

Read:  Ismul Alam Basir Perkuat Team Work Jajaran Humas Protokol Bantaeng

Kembali menegaskan, kehadiran sebuah kawasan perumahan umumnya diawali dengan bangunan perumahan, sedang sarana sosialnya hanya menjadi janji-janji pihak developer. Dia mengapresiasi dan berterima kasih kepada pihak keluarga Almarhum H Abd Malik karena mengawali dengan menyiapkan sarana sosial berupa Masjid.

“Mudah-mudahan menjadi contoh yang baik bagi pihak-pihak yang bergelut di bidang porperty”, tegasnya.

Tampak hadir saat itu keluarga Almarhum H Abd Malik diantaranya Syamsuniar Malik, Hamka Malik, Dedy, Muh Marwan, Asbar dan Misnawati yang juga adalah Anggota DPRD Kabupaten Bantaeng dari Partai PKS.

Read:  Putera Bungsu Gubernur SulSel Memilih di Depan Rujab Bupati Bantaeng

Selain itu hadir Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng, H Abd Rahman Tompo, Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Bantaeng, Syamsul, Camat Pa’jukukang, Jamaluddin, Kepala Desa Pa’jukukang, Haryadi Nakka, Kepala Desa Nipa-nipa, Suwardi, sejumlah Calon Anggota Legislatif, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pendidik, Tokoh Pemuda, guru serta pelajar TK dan SD. (*)