Musrenbang RKPD Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng tahun 2020 dibuka secara resmi Bupati Bantaeng (25/02/2019).

Bupati Bantaeng Buka Musrenbang RKPD Kecamatan di Satu Tempat Sama

Bantaeng, Senin (25/02). Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tingkat Kecamatan se-Kabupaten Bantaeng Tahun 2020 digelar di Gedung Balai Kartini Bantaeng, Senin, 25 Februari 2019.

Musrenbang ini untuk pertama kalinya disatukan untuk seluruh kecamatan bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Berbeda tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaanya dilakukan terpisah dengan waktu berbeda pula di masing-masing kecamatan.

“Ini yang pertama kita lakukan. Namun bukan berarti Pemerintah Kabupaten bersama DPRD sudah tidak mau turun lagi ke masyarakat”, tegas Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin saat membuka acara.

Dikatakan jika penyatuan Musrenbang RKPD itu sesuai amanat Permendagri nomor 86 tahun 2017, khususnya pasal 95. Menurutnya selain menjadi legalitas, juga ditegaskan dan diberi ruang dalam konteks efektifitas dan efesiensi.

Read:  Peringati Hari Kesadaran, Sekda Bantaeng: Bekerja Jangan Oriented Money

Kegiatan ini dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Bantaeng, H Abd Rahman Tompo, para Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa serta Delegasi Musrenbang dari berbagai unsur baik perempuan, anak maupun para pemangku kepentingan lainnya.

“Saya harapkan seluruh pimpinan OPD dan Camat bisa hadir dan tidak ada alasan untuk tidak hadir”, harapnya.

Dia kembali menekankan agar tidak ada lagi Perangkat Daerah yang bekerja sendiri-sendiri tanpa memakai data akurat. Bahkan mengajak seluruh jajarannya untuk melibatkan masyarakat secara penuh dalam proses pembangunan dan tidak hanya menjadi penonton.

Read:  Liestiaty F Nurdin Satu Dari Enam Di Indonesia Mendapat Pin Emas Dari Bunda PAUD Nasional

RKPD tahun 2020 merupakan tahap kedua dari RPJMD 2018-2023. Target terbesarnya dapat mengurangi kemiskinan serta mewujudkan sinergitas antar OPD begitupun antara eksekutif dan legislatif. (*)