Di Hadapan Dewan, Bupati Bantaeng Utarakan Rencana Penyegaran Pemerintahan

Bantaeng, Sabtu (16/02). Berselang beberapa bulan sejak dilantik sebagai Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin akhirnya angkat bicara terkait kekosongan pada struktur Pemerintahan di Bantaeng.

Dia menyatakan akan segera melakukan penyegaran. Diketahui sebagian Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masih dijabat Pelaksana Tugas (Plt) yang dianggap berdampak pada kurang optimalnya pelayanan kepada masyarakat.

“Job fit dan assesment akan kita laksanakan bulan ini”, tegas Ilham Azikin.

Read:  Gubernur SulSel Terima Bantuan Sembako dari Save The Children, Askrindo dan Bank Mandiri

Penyegaran menurutnya penting dilakukan agar para Kepala OPD dapat bekerja maksimal untuk menerjemahkan RPJMD 2018-2023 ke dalam Renstra (Rencana Strategis) masing-masing OPD.

“Kita harapkan seluruh OPD dapat menterjemahkan kesepakatan dan komitmen bersama DPRD untuk 5 tahun ke depan”, ujar dia.

Bupati Bantaeng menyampaikan hal itu dalam sambutannya di Gedung DPRD Kabupaten Bantaeng, Jum’at malam, 15 Februari 2019. Kehadirannya saat itu dalam rangka mengikuti Rapat Paripurna dengan agenda Pendapat Akhir Fraksi-fraksi DPRD terkait Ranperda RPJMD 2018-2023 untuk ditetapkan menjadi Perda (Peraturan Daerah).

Read:  Bupati Bantaeng Buka Musrenbang RKPD Kecamatan di Satu Tempat Sama

Lima fraksi telah setuju jika RPJMD segera ditetapkan, yakni fraksi PKS, APD, Nasdem, KIR dan PKB. Sementara fraksi Hanura oleh pimpinan Rapat, Hj. Andi Nurhayati dinyatakan abstain.

Pada akhirnya dilakukan penanda tanganan persetujuan bersama antara eksekutif dengan legislatif. Tentu saja konsep penetapan RPJMD itu masih akan dievaluasi Gubernur SulSel, HM Nurdin Abdullah sebelum ditetapkan menjadi Perda sebagai kerangka dasar dalam penentuan perencanaan ke depan. (*)