Kapolres Bantaeng dan jajarannya membersihkan Kawasan Pertokoan dan Pasar Sentral Bantaeng dalam rangka HPSN 2019.

Kapolres Bantaeng Pesan Masyarakat Agar Mengurangi Plastik Sekali Pakai

Bantaeng, Sabtu (23/02). Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang diperingati tanggal 21 Februari tiap tahunnya dijadikan momen tepat bagi jajaran Kepolisian Resort (Polres) Bantaeng melakukan gerakan bersih-bersih.

Pembersihan dilakukan di Kawasan Pertokoan di Jalan Manggis Bantaeng dengan menurunkan sejumlah personil dipimpin Kapolres Bantaeng, Adip Rojikan, Jum’at pagi, 22 Februari 2019.

Kegiatan ini dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2019″, ungkapnya.

Read:  "Dedi Irfan" Pimpin Alumni SMA Negeri 1 Pangkep Terjun Bagikan Sembako

Sembari mencontohkan, Kapolres menghimbau anggotanya untuk bisa memaksimalkan pembersihan dengan membagi ke dalam kelompok kecil, bukannya bergerombol hanya di satu titik saja.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk membangun kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah dengan menerapkan sistem 3R (Reuse, Reduce dan Recycle).

Lokasi berikutnya menjadi sasaran pembersihan yakni area sekitar Pasar Sentral Bantaeng yang berada di persimpangan Kelurahan Bonto Atu, Kelurahan Bonto Sunggu dan Kelurahan Bonto Rita, Kecamatan Bissappu.

Read:  Hari Batik Nasional, Kasat Lantas Polres Bantaeng Senang Pelajar Pakai Sepeda

Kapolres kembali mengajak masyarakat untuk senantiasa membuang sampah pada tempatnya. Sementara untuk sampah plastik dia berharap agar dapat mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

“Sampah plastik jika bertumpuk akan lama baru terurai oleh tanah”, urainya.

Pemilahan sampah yang tepat seharusnya dengan menyiapkan wadah sesuai jenis sampahnya. Misalnya sampah plastik dipisah dengan sampah organik seperti sisa makanan dan Pemkab Bantaeng telah menyiapkan wadah itu di sepanjang jalan serta fasilitas publik. (*)