Pangdam XIV/Hasanuddin Dukung Pelaksanaan Kenduri 77

 

Pelaksanaan Kenduri 77.
Panitia Kenduri 77 bersama Pangdam XIV/Hasanuddin (kedua dari kanan) dalam sesi audiensi membahas rencana kegiatan (18/07/22).

AMBAE.co.idMakassar. Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, SH, MH mendukung pelaksanaan Kenduri 77 yang digagas sejumlah tokoh Sulawesi Selatan. Kenduri 77 bahkan akan jadi gelaran kolaborasi antara seniman, budayawan, aktivis, komunitas, ormas kepemudaan, keluarga veteran dengan TNI dan POLRI.

Dukungan dari jenderal bintang dua itu diberikan saat panitia Kenduri 77 melaksanakan audiensi di Rumah Jabatan Pangdam XIV/Hasanuddin, di Jalan Sungai Tangka, Makassar, Senin, 18 Juli 2022. Hadir saat itu Asmin Amin dan Andi Agung Iskandar.

Kenduri 77 yang diadakan guna merayakan 77 tahun Indonesia merdeka ini bertema “Muliakan Pahlawan”. Ketua Panitia Pelaksana Kenduri 77 adalah Andi Ilhamsyah Mattalatta, sedangkan wakil ketuanya Dr Andi Jaya Sose.

Read:  Geladi TTX dan CPX Bencana Banjir, Sekda Bantaeng Minta Ditularkan Kepada Masyarakat

Pertemuan teknis selanjutnya diadakan antara Panitia Kenduri 77 dengan Aster Kasdam XIV/Hasanuddin, Kolonel Arh Wirawan Yanuartono, S.Sos, M.Sos. Panitia Kenduri 77 diwakili oleh Asmin Amin dan Andi Agung Iskandar. Hadir pula pengurus Harley Davidson Club Indonesia (HDCI), masing-masing Syamsir (Ketua), Alam (Sekum), dan Mawanto.

Tujuan kegiatan Kenduri 77 antara lain menjadikan hari Proklamasi RI sebagai kebanggaan seluruh rakyat, khususnya bagi para veteran dan keluarganya. Juga menjadikan momentum peringatan Proklamasi RI untuk refleksi dan introspeksi diri bagi segenap komponen bangsa. Sehingga dapat menjadi spirit dalam melanjutkan cita-cita para pejuang dan pendiri bangsa.

Read:  Sandi Uno Tantang Sulsel Capai 300 Desa Wisata Tahun 2022

Pertemuan dengan Kodam XIV/Hasanuddin menyepakati sejumlah item kegiatan. Yakni lomba cipta dan baca puisi, festival cipta lagu, pameran lukisan, 77 kanvas coretan tokoh, serta pendakian dan pemasangan sang saka Merah Putih 77 meter di Gunung Bawakaraeng. Tim pendakian ini menyatu dengan tim Kodam XIV/Hasanuddin. Juga akan ada pemasangan sang saka Merah Putih di Tebing Mandu, Desa Tontonan, Kecamatan Anggeraja, Kabupaten Enrekang.

Kegiatan lainnya berupa testimoni masyarakat dan para pejuang yang akan disebar melalui berbagai platform digital, dan tudang sipulung lintas generasi. Selain itu mengikuti pelaksanaan upacara bendera, dengan menitikberatkan pada konsep muliakan pahlawan, sesuai tema kegiatan.

Read:  Tim Kesenian SulSel Siapkan Kolaborasi Bersama Jawa Timur

Setelah pelaksanaan upacara, diadakan pawai oleh Indonesia OffRoad Federation (IOF), dengan mengajak para veteran dan keluarganya berkeliling Kota Makassar. Masih ada lagi kegiatan napak tilas (touring) jejak pahlawan dari Makassar ke Takalar. Seluruh acara Kenduri 77 yang bernunsa pesta rakyat, sekaligus menggambarkan kemanunggalan TNI dan rakyat ini akan diakhiri dalam sebuah acara ramah tamah. (*)