Hardiknas 2019: Pemkab Bantaeng Serahkan Penghargaan Guru Berprestasi

Upacara Hardiknas tahun 2019.
Persembahan tarian serta senam ceria dari anak didik SD dan TK se-Kabupaten Bantaeng pada peringatan Hardiknas 2019.

AMBAE.co.id – Bantaeng. Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng menyerahkan beberapa penghargaan kepada Tokoh Pendidikan di daerah ini.

Diantaranya 4 orang berstatus guru, masing-masing Muh Irsan, Guru SMP Negeri 2 Tompobulu, Rusmin, Guru SMP Negeri 1 Bantaeng, Risnawati, SDN Nomor 7 Letta dan Nurmiati, Guru TK Ihya Ulumuddin. Selain itu penghargaan juga diserahkan kepada Hartatia, Guru SDN Nomor 42 Bate Balla yang memasuki masa purnabakti.

Ditambah penghargaan kepada SMP Negeri 3 Bantaeng sebagai Juara I Lomba Aksi Nasional. Sekolah ini dinyatakan berhasil mempersembahkan Bahasa Negara di Ruang Publik, sehingga dianugerahi penghargaan dan uang tunai sebesar 25 juta Rupiah dari Balai Bahasa Provinsi Sulawesi Selatan serta Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).

Read:  Peringati Hardiknas 2020, Nurdin Abdullah Dorong Peningkatan Kualitas Pendidikan

Diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Bantaeng, H Sahabuddin sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) untuk memperingati Hardiknas yang digelar di Lapangan Pantai Seruni Bantaeng, Kamis (02/05/19). Dimana turut dihadiri unsur Forkopimda, Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Bantaeng, Hj Rahmah Arsyad dan sejumlah Tokoh Pendidikan di daerah ini.

Pada kesempatan itu, Wabup membacakan Pidato Tertulis Mendikbud RI, Muhadjir Effendy. Dikatakan bahwa pembangunan selama 4 tahun era kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden RI, Jokowi-Jusuf Kalla banyak bersentuhan dengan infrastruktur.

“Selama 4 tahun era Jokowi-JK lebih fokus di pembangunan infrastruktur berupa prasarana baik darat, laut dan udara”, tuturnya.

Pemerintah kemudian menyasar peningkatan kapasitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) meskipun disadari bahwa pembangunan di sektor infrastruktur baru sekitar 39 persen karena SDM tidak kalah pentingnya untuk membawa bangsa dan negara ini maju.

“Pemerintah mulai bergeser, sebelumnya pembangunan infrastruktur kini menyasar SDM. Sejalan dengan tema Hardiknas 2019 yaitu Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, jelasnya.

Wabup kemudian mengapresiasi kerja-kerja dan kinerja seluruh Tokoh Pendidik dan Pendidikan serta para Pemerhati Pendidikan yang tak henti-hentinya mengawal dunia pendidikan sebagai bagian yang tak terpisahkan dari tolak ukur majunya sebuah bangsa dan negara. (*)