Bunda Pustaka SD Negeri Borong Gelar Coloring Competition Pada Puncak HAN 2022

 

Peringatan Hari Anak Nasional 2022 di SD Negeri Borong.
Peserta lomba menggambar dan mewarnai bersama Kepala Sekolah SD Negeri Borong Makassar, para guru, dan Rusdin Tompo (kiri belakang) selaku Pegiat Literasi (25/07/22).

AMBAE.co.idMakassar. Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati setiap tanggal 23 Juli, bisa dirayakan dengan beragam cara. Salah satunya dengan mengadakan lomba menggambar dan mewarnai, sebagaimana diadakan Bunda Pustaka SD Negeri Borong.

Lomba bertajuk “Coloring Competition” ini diadakan di Gedung Perpustakaan Ibu dan Anak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulawesi Selatan, Jalan Lanto Daeng Passewang, Makassar, Senin, 25 Juli 2022. Lomba ini terselenggara atas kerjasama Bunda Pustaka SD Negeri Borong, DPK Provinsi Sulawesi Selatan dan Dinas Pendidikan Kota Makassar.

Lebih 130-an anak dari berbagai sekolah, berkumpul sejak pagi di Gedung Perpustakaan Ibu dan Anak. Mereka menempati ruang layanan dan ruang edukasi untuk berlomba dalam dua kategori. Yakni kategori untuk TK dan kategori SD kelas 1-3.

Read:  Adip Rojikan Balas Hormat Wawan Sumantri Usai Penyambutan Pedang Pora

Pojok bermain anak dan corner and playground yang berada di ruang layanan, terlihat ramai oleh orangtua yang menemani anaknya. Sementara di lapangan tengah, yang berumput hijau, terdapat tenant-tenant yang menyediakan produk sponsor. Meski baru kali ini Bunda Pustaka mengadakan kegiatan lomba di luar sekolah, tapi terlihat cukup semarak.

Usai lomba, anak-anak dihibur oleh pendongeng Mami Kiko, sebelum diserahkan hadiah bagi para pemenang. Anak-anak gembira disuguhi cerita oleh Mami Kiko dan bonekanya. Beberapa anak bahkan penasaran, dan minta foto bersama si boneka Kiko.

Read:  Hari Down Syndrome Sedunia, Libatkan Anak Membatik dan Mengenal Alam

Tema peringatan Hari Anak Nasional, 23 Juli 2022, adalah Anak Terlindungi, Indonesia Maju. Tema ini masih punya relevansi dengan pandemi Covid-19. Juga terkait isu perlindungan anak lainnya, kekerasan anak, eksploitasi anak dan lain-lain. Khusus lomba menggambar dan mewarnai, punya kaitan dengan hak anak mengisi waktu luang untuk kegiatan seni dan budaya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala UPT Perpustakaan DPK Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hadi, Kepala Dinas Perpustakaan Kota Makassar, Tenri A Palallo, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Makassar, Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan, dan pengurus Bunda Pustaka SD Negeri Borong.

Read:  Panen Perdana Talas Satoimo di Maros, Isteri NA Harap Tak Hanya Diekspor

Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Kepala UPT SPF SD Negeri Borong, Dra Hj Hendriati Sabir, M.Pd. Dukungan dan apresiasi juga diberikan oleh penggiat literasi, Rusdin Tompo. Menurutnya, apa yang dilakukan Bunda Pustaka sebagai implementasi prinsip demi kepentingan terbaik anak. Apalagi anak merupakan aset dan masa depan bangsa, sehingga ruang kreativitas perlu diberikan kepada mereka. (*)