Rakor Program PAUD HI, Kepala Bappeda Bantaeng: Terintegrasi Semua Aspek

 

Pembukaan Rakor PAUD HI.
Kepala Bappeda Bantaeng membuka Rakor Program PAUD HI di Kirei Hotel Bantaeng (01/09/22).

AMBAE.co.idBantaeng. Pasca diluncurkannya Program PAUD HI, dilangsungkanlah Rapat Koordinasi (Rakor) di Aula Lotus, Kirei Hotel Bantaeng pada Kamis, 1 September 2022. Rakor bertajuk “Pengembangan Anak yang Holistik Integratif (PAUD HI), serta Penguatan Literasi dan Numerasi” itu dibuka secara resmi Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kabupaten Bantaeng, Muh Dimiati Nongpa.

Dia menyampaikan, PAUD HI sebagai satuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang diatur dalam Perpres Nomor 60 Tahun 2013. PAUD HI mendukung pemenuhan layanan esensial secara keseluruhan (holistik).

Dimana terjadi sinergitas dalam penyelenggaraan layanannya yang saling terintegrasi antar unit. Penekannya pada aspek moral, etika, religius, psikologis, filosofis, dan sosial.

“PAUD HI merupakan pendidikan anak usia dini yang mengintegrasikan segala aspek dan nilai nilai dalam pendidikan. Menyeluruh antara jiwa dan badan serta aspek material dan aspek spritual,” kata Nongpa.

Peningkatan kualitas anak usia dini telah menjadi komitmen banyak negara didunia. Hal itu termaktub dalam Perpres Nomor 59 Tahun 2017 tentang Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

“Pemerintah Kabupaten Bantaeng dapat menerbitkan Peraturan Bupati tentang Penyelenggaraan PAUD HI dan membentuk Gugus Tugas PAUD HI kabupaten, kecamatan sampai tingkat desa dan kelurahan. Ini menjadi amanah Perpres Nomor 60 Tahun 2013,” tegasnya.

Nongpa berharap, melalui koordinasi lintas sektor, penganggaran PAUD HI bisa diperoleh dari sejumlah institusi, terutama OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Tidak hanya dari satu instansi semata, dengan adanya Gugus Tugas PAUD HI.

“Anggaran untuk PAUD HI bisa dari dinas lainnya yang masuk sebagai anggota Gugus Tugas PAUD HI. Jadi bukan cuma 1 dinas saja,” pungkasnya.

Tampak hadir mengikuti Rakor yakni Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Muhammad Haris, serta utusan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yakni Kepala Bidang PAUD, IGTK, Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Sulsel H Muhlis. Dia juga sekaligus sebagai Staf Ahli Pokja Bunda PAUD Sulsel.

Read:  Gubernur SulSel: Strawberry Bantaeng Manis, Sudah Lama Ini

Disamping itu, hadir Eliza Muhti, perwakilan UNICEF Sulawesi-Maluku dan Yustiana Usman selaku Ketua Yayasan lemiNA. Diketahui, sehari sebelumnya, Rabu, 31 Agustus 2022, telah dilakukan kick-off Program PAUD HI di Tribun Pantai Seruni Bantaeng oleh Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Bantaeng, Sri Dewi Yanti. (*)