Perdana, Wings Air Terbangkan Langsung 68 Penumpang ke Lombok

 

Penerbangan perdana Wings Air ke Lombok.
Muhammad Jufri (kedua dari kanan) menuju Boarding Gate 3 Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar (09/03/22).

AMBAE.co.idMakassar. Wings Air perdana hari ini, Rabu siang (09/03/22) memberangkatkan 68 penumpang dari total 72 seat (kursi) yang tersedia. Take off (lepas landas) dari Makassar sekitar pukul 14:00 WITA, pesawat bakal mendarat di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok Praya di Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok, Tanak Awu, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB (Nusa Tenggara Barat).

“Kita bersyukur hari ini penerbangan perdana dari Makassar menuju Lombok oleh Wings Air. Data kami terima, 68 kursi terisi, itu berarti hanya 4 seat (kursi) tersisa tanpa penumpang. Mudah-mudahan ini berkesinambungan dan pesawat bisa penuh ke depannya, begitu juga dari Lombok ke Makassar,” ungkap Muhammad Jufri.

Muhammad Jufri selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar Sulsel) mengawali prosesi first flight (penerbangan perdana) dengan pemotongan tumpeng di Boarding Gate 3, Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros. Dilanjutkan dengan pengalungan bunga kepada 5 perwakilan penumpang sekaligus melepas seluruh penumpang menuju pesawat yang siap lepas landas.

“Kita semua menaruh harapan besar agar penumpang tiba dengan selamat dan sehat. Bagi wisatawan, moda transportasi udara yang kini dibuka dengan rute penerbangan ini, tentunya jalan untuk segera berwisata. 24 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan dengan segala potensinya menanti Anda menikmati keindahan alam, keberagaman budaya, dan ingat bawa pulang souvenir khas Sulsel hasil UMKM,” terangnya.

Jufri hadir mewakili Plt Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman, memenuhi undangan Inagurasi Penerbangan Perdana Wings Air Rute Makassar (UPG)-Lombok (LOP) oleh manajemen PT Wings Air. Dia yang bergelar Professor mengharapkan pertumbuhan ekonomi kedua daerah semakin meningkat.

Read:  Rakerwil JOIN SulSel, Benny Nurdin: Biasanya WTS Lebih Galak Dari Penulis Asli

Betapa tidak, Sulsel dan NTB telah terkoneksi, baik untuk dukungan perpindahan orang maupun barang. Belum lagi terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, kebudayaan dan nilai-nilai kearifan lokal didorong untuk memikat para wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi Kabupaten/Kota di Sulsel maupun NTB.

Penerbangan langsung ini pula ditujukan sebagai bentuk dukungan terhadap pelaksanaan event MotoGP di Mandalika, Lombok, NTB. Event berskala internasional pada seri kedua MotoGP itu sedianya dilangsungkan pada 18-20 Maret 2022 di Sirkuit Internasional Pertamina Mandalika.

“MotoGP sudah di depan mata, pesawatnya sudah ready (siap), rutenya langsung ke Lombok, beli tiket MotoGP sekarang. Pintu pariwisata juga sudah terbuka cukup lebar dengan dilonggarkannya persyaratan masuk ke Indonesia, Saya ingin mengajak semua calon wisatawan, Ke Sulsel Maki, Saya menanti Anda,” tegas Prof Jufri.

Penerbangan ini merupakan langkah awal untuk membuka penerbangan langsung dari dan ke Makassar-Lombok bagi maskapai lainnya. Sebagaimana program direct flight yang diinisiasi Pemerintah Provinsi Sulsel agar dibuka rute penerbangan langsung kedua kota.

Read:  Bazar Bersama DKPTPH, Lies: Dijamin Murah

Mendukung program direct flight, Wings Air mengkampanyekan “Ayo Jelajahi Indonesia-Sulsel” dan “Ayo Jelajahi Indonesia-NTB”. Bersinergi dengan branding Sulsel yakni “Colorful Experience” serta hastag #KeSulselMaki yang dipopulerkan Disbudpar Sulsel.

Untuk menunjang penerbangan UPG-LOP, pihak maskapai menyiapkan pesawat jenis ATR 72 yang nyaman dikelasnya. Wings Air melalui website resminya menyebutkan ATR 72-500 atau ATR 72-600 dapat memuat 72 tempat duduk kelas ekonomi dengan konfigurasi (tata letak) kursi 2-2.

Read:  Gedung MULO Kembali Ramai Apel Pagi

Sementara penawaran harga tiket mulai di angka Rp 690.600. Penerbangan untuk tahap awal ini dijadwalkan 7 kali sepekan, artinya dalam sehari akan ada penerbangan langsung dari atau ke Makassar-Lombok.

“Makassar – Lombok nomor penerbangan IW-1352 | keberangkatan pukul 14.00 WITA | kedatangan pada 15.40 WITA. Lombok – Makassar nomor penerbangan IW-1353 | keberangkatan pukul 08.00 WITA | kedatangan pada 09.40 WITA. Waktu tempuh tidak ada perbedaan waktu pada kedua kota tujuan yakni menggunakan Waktu Indonesia Tengah (GMT+ 08). Wings Air memberikan harga tiket terbaik sekali jalan (one way), Makassar ke Lombok mulai dari Rp 690.600 dan Lombok ke Makassar mulai dari Rp 732.900,” dilansir www.lionair.co.id edisi 23 Februari 2022.

Turut hadir melepas penumpang diantaranya Kepala Ototita Bandar Udara Wilayah V Makassar, General Manager PT Angkasa Pura I Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, General Manager Perum LPPNPI Cabang MATSC Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Bupati Maros, serta perwakilan dari Pertamina DPPU Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Badan Promosi Pariwisata Daerah Provinsi Sulsel, dan juga Ketua GIPI Sulsel. (*)