Sulsel Great Sale 2021 Spirit Kebangkitan Ekonomi Kreatif

Event Sulsel Great Sale 2021.
Pembukaan Sulsel Great Sale 2021 oleh Muhammad Jufri (03/11/21).

AMBAE.co.idMakassar. Menjadi penanda bangkitnya ekonomi kreatif di Sulawesi Selatan. Hal itu dinyatakan dengan tegas Muhammad Jufri yang kini menjabat Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan (Disbudpar Sulsel).

Tatkala Jufri menyampaikan sambutannya yang begitu bersemangat di Mall Pinisi Point (Pipo) Kota Makassar pada Rabu sore (03/11/21). Dia sekaligus membuka secara resmi event yang diberi nama Sulsel Great Sale 2021.

“Kita harapkan bahwa event ini jadi spirit bagi kita semua untuk segera memulai membangkitkan seluruh kekuatan ekonomi kreatif yang kita miliki di Sulawesi Selatan melalui sektor kepariwisataan,” pungkasnya.

Subsektor ekonomi kreatif yang terhempas badai Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) berdampak pada melemahnya sektor ekonomi dan sektor pariwisata. Selama kurang lebih dua tahun, Pelaku Industri Kreatif dan Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ikut kena imbasnya.

Dipicu merosotnya angka kunjungan wisatawan ke Indonesia, begitu pun negara lainnya di dunia dengan adanya pembatasan pintu masuk dan keluar negeri selama Pandemi COVID-19. Pariwisata mengalami kevakuman dan terjadi perlambatan perekonomian.

“Hadirnya event ini menandai bangkitnya kembali kondisi perekonomian kita di Sulawesi Selatan,” tegas Jufri.

Belakangan ini, semakin menunjukkan kegembiraan karena kondisi Pandemi mulai melemah dari sisi jumlah dan sebaran pasien yang terkonfirmasi COVID-19 nyaris di angka nol pada sejumlah Kabupaten/Kota, terutama di Sulsel. Maka, Jufri bertekad untuk memanfaatkan momen ini untuk mulai berbenah membangkitkan kepariwisataan dan kebudayaan sebagai salah satu sektor unggulan Pemerintah Provinsi Sulsel.

Read:  Kemal Redindo Syahrul Putra Sambut Legislator Bone: SSTIC Pusat Informasi Berbasis Digital

Sulsel Great Sale 2021 tak ubahnya sebuah pameran. Menghadirkan UMKM untuk menempati sedikitnya 50 booth yang disiapkan panitia di Mall Pipo.

Di samping lebih dari 100 peserta lainnya juga hadir berpartisipasi dan ambil bagian di Sulsel Great Sale 2021. Bukan secara luring atau offline, melainkan daring/online.

Website sulselgreatsale.com dan juga marketplace menjadi wadah virtual bagi UMKM untuk melayani transaksi bagi konsumen. Adapun pesertanya datang dari seluruh Kabupaten/Kota di Sulsel.

Umumnya berkecimpung di subsektor kuliner dan fashion. Jualannya pun berupa makanan, minuman, dan pakaian.

Jufri yang juga seorang Professor menyatakan kekagumannya akan produk-produk industri kreatif di daerah ini. Ini juga memberi penanda bahwa Sulsel tidak kalah hebat dengan provinsi lain.

“Saya punya optimisme yang besar, kepariwisataan Sulawesi Selatan akan kembali menunjukkan kejayaannya,” tuturnya.

Kejayaan yang bukan khayalan jika semua unsur bergerak mengoptimalkan kinerja dan kerja-kerja yang disesuaikan latar belakang keahlian atau bidang kerjanya. Entah itu personal kata Jufri ataukah lembaga, organisasi, dan/atau komunitas.

Read:  Roti Labu Digandrungi Peserta KBK III 2019

Semua mesti mengambil peran memajukan dan mengembangkan Sulsel pada sektor kepariwisataan dan kebudayaan. Potensi yang dimiliki bakal memanjakan wisatawan untuk berlama-lama saat berkunjung ke destinasi wisata, begitu pun untuk keperluan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE).

“Kekompakan yang kita miliki dari semua elemen yang kita sebut pentahelix, adalah kekuatan besar untuk bangkit dan menggairahkan pariwisata kita, kebudayaan, industri kreatif dan semua hal Saya kira, kuncinya kokaborasi dan sinergitas yang apik,” ujar dia.

Pentahelix tourism memiliki peran sangat penting untuk bisa mendorong pengembangan ekonomi. Di Sulsel ada PHRI, GIPI, ASITA, ASTINDO, IHGMA, DMO, MASATA dan asosiasi pariwisata lainnya yang cukup beragam.

Read:  Fase Kedua di Bantaeng KOMPAK Perkuat Koordinasi dan DAP

Jufri sore itu berkesempatan memencet tombol sebagai tanda dimulainya pameran di Hall yang ada di Lantai II Mall Pipo. Lanjut memberi keterangan kepada AMBAE, Sulsel Great Sale 2021 mengawali perhelatan event yang diinisiasi dan ditangani pihaknya.

“Event ini yang pertama selama Pandemi COVID-19. Teman-teman Bidang Pengembangan Pemasaran di Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan yang menangani, mengkoordinasikan, dan juga melakukan kerja sama,” terangnya.

Dari event ini, dirinya berharap akan berlanjut dengan dihelatnya event yang lain. Tentu mengingatkan kepada masyarakat, kepada panitia dan peserta untuk senantiasa mentaati dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

“Kalau kita taat dengan protokol kesehatan, Saya kira event-event berikutnya akan hadir kembali seperti sebelum pandemi dan lebih meriah. Ajak keluarga, teman, dan tetangga kita berbelanja di Sulsel Great Sale 2021,” imbuhnya.

Pasca seremonial pembukaan, Jufri dan tamu undangan lainnya melakukan kunjungan stand. Berkesan bagi peserta dan pengunjung, tampak dalam pantauan AMBAE, dia menyantap bakso di tengah kunjungannya. (*)