Mau Sehat? #KeMuloAja

 

Senam sehat rutin Disbudpar Sulsel.
Prof Jufri (topi biru) mengikuti senam zumba di halaman Gedung Mulo, Makassar (29/10/21).

AMBAE.co.idMakassar. Ada yang baru di Gedung Mulo, bangunan besejarah yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Nomor 23, Kota Makassar. Setiap hari Jum’at pagi dilaksanakan sejumlah kegiatan olah raga.

Meski kegiatan ini telah rutin dihelat sebelum Pandemi COVID-19, kini muncul kembali. Muhammad Jufri selaku Kepala Dinas Kebudayaam dan Kepariwisataan (Disbudpar) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mengemasnya lebih apik, dia mempopulerkan hastag #KeMuloAja.

Bahkan terjun langsung berolah raga, diantaranya senam zumba dan juga senam kesegaran jasmani. Para ASN (Aparatur Sipil Negara bersama PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) dan juga Outsourcing bersama-sama melenturkan badan selama kurang lebih satu jam.

“Kalau mau sehat, biasakan berolahraga,” singkat dikatakan Jufri usai mengikuti senam, Jum’at (29/10/21).

Tak hanya senam, raket dan kok siap menemani jajaran Disbudpar Sulsel bermain bulutangkis. Menantang kelihaian yang seadanya untuk saling memukul kok, targetnya bukanlah kalah menang, tapi berkeringat sebelum menjalankan aktivitas kantor.

Read:  Kaum Hawa Pun Doyan Tongkrongi Gunung Nona

Usai senam, berlanjut dengan menyanyi di halaman Gedung Mulo. Lagi-lagi Jufri tidak ketinggalan melantunkan 1 hingga 3 lagu, suasana berbeda semakin terasa selama kepemimpinannya sejak dua pekan terakhir.

Begitu juga para pegawai yang ada di bawah naungan Disbudpar Sulsel, mereka turut bernyanyi. Selain yang berkantor di Gedung Mulo, jajaran Disbudpar Sulsel tersebar di UPT (Unit Pelaksana Teknis) yang berkantor di Monumen Mandala, Gedung Kesenian, dan Benteng Somba Opu.

“Alhamdulillah dengan olah raga, di usia Saya sekarang masih cukup mampu beraktivitas dengan baik. Kalau pagi Saya olah raga lari, itu setiap pagi, ya 5 atau 8 Kilometer cukup,” tambah Jufri.

Menurutnya, olah raga dan menyanyi bagian dari silaturahmi sesama ASN, Tenaga Non ASN, dan Tenaga Alih Daya. Kegiatan itu diagendakan bakal rutin tiap Jum’at, adapun lokasinya akan disesuaikan dan bisa berpindah dalam waktu tertentu.

“Sesekali kita olah raga di Monumen Mandala, minggu depan bisa. Ini diagendakan ya,” pinta dia kepada stafnya.

Salah seorang ASN mengapresiasi keakraban dan kedekatan yang ditunjukkan Jufri kepada segenap bawahannya. Baginya, ruang dan waktu berolahraga yang didukung pimpinan menjadi hal luar biasa, apalagi sang pemimpin turut serta berolahraga.

“Tentu senang juga ya, pak Kadis juga senam, sudah itu menyanyi lagi. Jadi menyanyi satu dua lagu, badan tidak berkeringat lagi, baru kita kerja, tidak lama juga sebenarnya,” kata Tenaga Non ASN yang minta tidak disebut namanya.

Dituturkan kembali, dirinya sudah menyiapkan sepatu kets dari rumah. Sementara kostum yang digunakan kadangkala kaos oblong, namun kerap kali berupa pakaian khusus olah raga. (*)