Duta Wisata Sulsel 2023, Kota Makassar Sabet 2 Juara

 

Pemilihan Duta Wisata Sulsel 2023.
Duta Wisata Sulsel 2023 perwakilan Kabupaten Gowa (18/11/23).

AMBAE.co.idMakassar. Pemilihan Duta Wisata Sulawesi Selatan (Duwis Sulsel) 2023 berhasil melahirkan pemenang. Ajang bergengsi itu memuncak dalam kegiatan Grand Final yang dihelat di Ballroom Ebony, Gammara Hotel Makassar pada Sabtu malam, 18 November 2023.

Tampil sebagai Juara I perwakilan Kota Makassar, pasangan Rizky Tegar Saputra dan Rezky Nur Amelia. Sementara posisi Juara II disabet Hasmawi, perwakilan Kabupaten Barru dan Nur Fauziah Husbah, perwakilan Kabupaten Gowa.

Untuk Juara III, Kota Makassar kembali unjuk gigi melalui perwakilan cowok ganteng Asif Rifiq Misman. Sedangkan pasangannya, seorang gadis cantik, pemilik nama Rika Dwiardinayanti Oktavia dari Kota Cinta, Kota Parepare.

“Mudah-mudahan adik-adik kita para pemenang yang menyandang Duta Wisata Sulawesi Selatan tahun ini bisa mempromosikan pariwisata kita. Begitupun yang belum beruntung, Saya kira semua bisa ambil bagian, apalagi ada asosiasi yang menaunginya,” kata Andi Munawir yang turut hadir di Malam Grand Final.

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan (Sekdisbudpar Sulsel) itu menguraikan, hampir sebulan berproses sejak pendaftaran dan technical meeting sekira awal November lalu. Berlanjut Gala Dinner di Lantai 20 Aston Hotel Makassar pada 10 November 2023.

Read:  Deciding on a Mexican Seeing Site

Panitia yang dikomandoi Asosiasi Duta Wisata Indonesia (ADWINDO) Sulsel kemudian menghadirkan serangkaian kegiatan untuk menggembleng serta menambah wawasan para Calon Duta Wisata Sulawesi Selatan 2023. Tanggal 10 November ada gala dinner, lalu talent show di tanggal 12 November.

Pemilihan Duta Wisata Sulsel 2023.
Sesi tanya jawab Duta Wisata Sulsel 2023 menuju 3 besar di Gammara Hotel Makassar (18/11/23).

Berbekal ragam teori, Finalis Duwis 15 Kabupaten/Kota di Sulsel itu mengikuti tour yang dipusatkan di Taman Wisata Puncak Bila Sidrap. Sebuah destinasi alam buatan berbalut keindahan yang berada di Desa Bila Riase, Kecamatan Bila, berjarak tempuh kurang lebih 30 Kilometer ke arah Timur wilayah perkotaan Kabupaten Sidrap.

“Event ini juga menjadi ajang promosi pariwisata daerah. Saya harap para peserta mengenali keunggulan daya tarik wisata dan event-event wisata di daerahnya masing-masing,” imbuh H Muhammad Arafah selaku Kadisbudpar Sulsel.

Arafah berkesempatan menyampaikan sambutan sekaligus membuka secara resmi Grand Final Pemilihan Duta Wisata Sulawesi Selatan 2023. Menurutnya, amat mengecewakan bilamana seorang Duta Wisata tidak memiliki wawasan luas akan potensi wisata di Sulawesi Selatan.

“Bekali diri dengan pengetahuan, baik itu pengetahuan umum maupun tentang potensi wisata dan budaya yang ada di Sulsel,” harap dia.

Ernie Zainal Abidin, Juri Pemilihan Duwis Sulsel 2023 mengatakan peserta sebanyak 32 orang. Berasal dari 15 Kabupaten/Kota di Sulsel yang sebelumnya menyandang status Duta Wisata daerah asalnya.

“32 orang finalis mengikuti acara ini, 14 laki-laki, 18 perempuan. Asal daerah dari 15 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan,” urainya.

Tampak hadir pula malam itu diantaranya Puteri Indonesia Sulsel 2023, Tita Kamila S, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Gowa, Hj. Andi Tenri Indah yang juga adalah Dewan Penasehat DPD ADWINDO Sulsel dan Syafri Sayuti, seorang Pelaku Usaha sekaligus CEO Yellow Project. (*)