SBY Putuskan Hijrah ke Jakarta

Pindah tugas Syahrul Bayan ke Jakarta.
SBY di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar siap berangkat ke Jakarta (31/01/21).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Sukses mengembangkan dan memajukan bidang komunikasi, teknologi, informasi, statistik dan persandian di Kabupaten Bantaeng, Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel), SBY memutuskan untuk hijrah ke Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

Hal itu secara terang dinyatakan di hadapan orang tuanya yang berdomisili di bilangan Jalan Elang, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng. Dia sekaligus izin pamit mengabdi di tempat kerjanya yang baru.

Tepatnya di Sekretariat Jenderal Ombudsman Republik Indonesia. SBY akan menempati posisi Kepala Bagian Tata Usaha dan Protokol Biro Sumber Daya Manusia dan Umum.

“Keputusan ini tidaklah mudah, namun penuh ikhtiar semata dan Bismillahirrahmanirrahim, untuk menambah wawasan dan pengalaman kerja, izinkan Saya sekaligus memohon do’a restu untuk mengabdi. Insya Allah sebagai Kabag TU dan Protokol Biro SDM dan Umum Sekretariat Jenderal Ombudsman RI”, tulis SBY via pesan WhatsApp kepada AMBAE, Minggu (31/01/21).

Lelaki bernama lengkap Syahrul Bayan dan menyandang titel S.STP itu merupakan jebolan STPDN (Sekolah Tinggi Pemerintahan Dalam Negeri) Angkatan X tahun 1998/2002. Sejak lulus, langsung berkarir di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng sebagai staf BKD (Badan Kepegawaian Daerah).

“Alhamdulillah, bulan September 2002, Saya menjadi Ajudan Bupati Bantaeng, pak Azikin Solthan. Di Pemerintahan pak Nurdin Abdullah, Saya menjadi Kadis Sosnakertrans 2 tahun lebih, Kadis Budpar 3 bulan, Kadispora 2 tahun lebih dan beberapa jabatan lainnya. Kalau di era pak Ilham Azikin, Saya dipercayakan terakhir sebagai Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian”, urai SBY.

Selain itu, pernah menduduki posisi strategis lainnya, di antaranya Kasie Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Kelurahan Bonto Langkasa di Kecamatan Bissappu (2003-2004), Lurah Bonto Rita di Kecamatan Bissappu (2004-2005), Sekretaris Kecamatan Ulu Ere (2005-2006), Kepala Sub Bagian Sandi dan Telekomunikasi Bagian Umum dan Kepegawaian Sekretariat Daerah (2006-2008), Kepala Sub Bagian Pembinaan Kecamatan dan Kelurahan Bagian Pemerintahan Umum Sekretariat Daerah (2008).

Read:  NA Lepas Ratusan Pasapeda IKA Smanli Menuju Pangkep

Kepala Sub Bagian Protokol dan Perjalanan Dinas Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (2008-2009), Plt. Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (2009). Kepala Sub Bidang Pertanian dan Ekonomi Bidang Ekonomi, Sosial dan Budaya Bappeda (2009-2010), Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah (2010-2011).

“Iya, Saya juga bersyukur karena pernah menjabat sebagai Kasubag Protokol, Kasubsi Pertaniaan Ekonomi Bappeda, Kabag Humas Protokol dan juga Kabid Naker. Kalau di luar Pemerintahan, ada beberapa organisasi yang Saya geluti”, tambahnya.

Sampai sekarang masih aktif di kegiatan sepeda untuk menggairahkan budaya berkendara tanpa polusi. Atas dedikasinya dipercayakan sebagai Ketua Bike to Work (B2W) Bantaeng sekaligus aktif berinteraksi di B2W Indonesia dan komunitas sepeda lipat atau SLIM serta Komunitas Ecosmo Owner Makassar (EOM) dan Bonthain Cycling.

Read:  Sambut Jama'ah Haji Bantaeng, Bupati Dorong Berbuat Kebaikan Untuk Bantaeng

Penghargaan juga diraih di STPDN berupa Bintang Kartika Adhi Mahottama I Bidang Pengasuhan. Sementara organisasi lain kata SBY, dirinya aktif pada kegiatan literasi dan kepemudaan serta menjadi Dosen STIKES Avicenna-Butta Toa.

19 tahun berkarir di daerah berjuluk Butta Toa (Tanah Tua), SBY berharap banyak pengalaman dan pengetahuan diserap untuk bekal di Ombudsman dan jenjang karir selanjutnya. Baginya angka 19 akan membawa keberuntungan tersendiri kelak.

Read:  Helat Studi Kaji ke Dekranasda JaBar, Liestiaty F Nurdin: Lahirkan Produk Lebih Kreatif

Betapa tidak, jabatan terakhir sebagai Kadis Kominfo, Statistik dan Persandian Kabupaten Bantaeng dicatatkan sekitar 19 bulan. Bermula sejak 19 Juni 2019, di mana OPD (Organisasi Perangkat Daerah) itu baru saja akan memulai perjalanannya sebagai instansi bentukan baru, utamanya di Bantaeng.

Namun, terang SBY beberapa kemajuan telah ditorehkan. Karenanya, dia berharap OPD tersebut dapat terus maju di masa mendatang guna memajukan Bantaeng secara menyeluruh.

“Saya banyak belajar dari pemimpin hebat Bantaeng, pak Azikin Solthan, pak Nurdin Abdullah dan pak Ilham Azikin. Terima kasih semuanya dan do’akan kami untuk sukses adanya”, tutup SBY yang minta restu bergeser ke Jakarta hari ini juga. (*)