Gubernur NA Kunker ke Bantaeng: Komitmen Hari Ini Tinggal Dijalankan

Bantuan Keuangan Daerah SulSel untuk Bantaeng.
Nurdin Abdullah (kedua dari kanan) dalam kunjungannya di Balai Kartini Bantaeng (06/01/21).

AMBAE.co.id – Bantaeng. HM Nurdin Abdullah selaku Gubernur Sulawesi Selatan (SulSel) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) perdana di tahun 2021. Untuk sesi pertama ini, dia menyambangi Kabupaten Bantaeng yang mana keberlanjutan kunjungan ke Kabupaten Jeneponto pada Rabu pagi (06/01/21).

Di Bantaeng, Nurdin diterima secara resmi di Gedung Balai Kartini di Jalan Kartini, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng. Meski telah lebih dahulu meninjau lokasi terdampak banjir bandang yang melanda Bantaeng sekitar Juni 2020.

Dalam arahannya, Nurdin Abdullah menegaskan bahwa apa yang menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng, sepenuhnya akan didukung Pemerintah Provinsi (Pemprov) SulSel. Satu hal mendasar kata dia, penting menghadirkan kolaborasi, sinergitas dan kekompakan.

“Ini sudah lengkap pak ya. Apa yang jadi komitmen kita hari ini, tinggal dijalankan”, tegas Nurdin Abdullah.

Untuk diketahui, kunjungannya disertai sejumlah Pimpinan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) lingkup Pemprov SulSel. Termasuk dua Legislator yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi SulSel.

Read:  Nurdin Abdullah Sebut AM Sukri Sappewali Tinggalkan Banyak Legacy

Karenanya, tidak alasan menurutnya untuk tidak mensupport perencanaan Pemkab Bantaeng. Jika itu untuk kemaslahatan orang banyak, baginya harus diselesaikan bersama.

“Saya berani bicara seperti ini karena beliau di sampingku sudah duluan tepuk tangan. Bantaeng ini daerah destinasi, apalagi kalau kita wujudkan semua itu tadi”, tutur Gubernur bergelar Professor itu.

Terkait dukungan itu, Pemprov SulSel akan kembali memberikan Bantuan Keuangan Daerah kepada Pemkab Bantaeng. Nilainya akan ditingkatkan dibanding tahun sebelumnya.

“Saya kira tahun 2021 ini harus lebih besar. Kami senantiasa menyediakan supporting dalam bentuk Bantuan Keuangan Daerah, ini tidak berdiri sendiri, tentu atas persetujuan DPRD Sulawesi Selatan”, pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin telah menjelaskan detail perencanaan Pemkab Bantaeng untuk tahun 2021, sebelum Nurdin Abdullah atau NA memberi arahan. Program prioritas tidak lupa disampaikan, dengan harapan bertaut dan bersinergi dengan program prioritas Gubernur SulSel dan Pemprov SulSel.

“Pembangunan infrastruktur Kabupaten Bantaeng tahun 2021 tidak terlepas daripada program prioritas pembangunan Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2021. Tentu dalam rangka peningkatan kualitas infrastruktur wilayah untuk akselerasi pertumbuhan Provinsi Sulawesi Selatan”, terang Ilham.

Lebih detail lagi disampaikan bahwa Pemprov SulSel dari tahun ke tahun tidak melupakan Bantaeng agar tetap maju dan berjaya. Terbukti Bantuan Keuangan di tahun 2020 berhasil mengembangkan sektor-sektor unggulan, demikian halnya supporting penanganan Pandemi COVID-19 dan penanganan pasca banjir.

“Tahun 2020 kami sudah mendapatkan bantuan dan support dari Bapak Gubernur dan teman-teman OPD lingkup Pemprov Sulawesi Selatan. Pemanfaatannya sangat berarti bagi kami, khususnya penanganan Pandemi COVID-19 dan juga banjir yang terjadi di bulan Juni 2020 lalu”, urai dia. (*)