Hanya Bandara Sultan Hasanuddin di Indonesia, Rapid Test Gratis Atas Inisiasi Gubernur SulSel

Rapid Test Gratis di Bandara Sultan Hasanuddin.
Gubernur SulSel (tengah) menyaksikan pemeriksaan gratis Rapid Test Antigen di Bandara Sultan Hasanuddin (23/12/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Pemprov SulSel (Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan) membuka layanan gratis berupa Rapid Test Antigen di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar di Kabupaten Maros.

Pemeriksaan itu disebut yang pertama dan satu-satunya dilakukan di wilayah bandara. Bahkan gratis dan diinisiasi langsung Gubernur SulSel.

“Rapid Test Antigen gratis Pemprov SulSel dikerja samakan dengan Angkasa Pura. Satu-satunya di Indonesia, belum ada di tempat lain”, ungkap Kepala Bidang Layanan Kesehatan (Kabid Yankes) pada Dinas Kesehatan Provinsi SulSel, Jamaluddin.

Di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, pelayanan berlangsung sejak Selasa, 22 Desember 2020. Dibuka mulai pukul 09:00 hingga 16:00 Wita.

Sementara untuk pemeriksaan di Sekretariat YKI (Yayasan Kanker Indonesia) Cabang SulSel, dibuka mulai pukul 09:00 hingga 14:00 Wita. Tepatnya Rabu, 23 Desember 2020 dengan kuota per hari sebanyak 100 orang.

“Pemeriksaan gratis untuk Rapid Test Antigen juga dibuka di YKI Cabang SulSel di Jalan Lanto Daeng Pasewang, Kota Makassar. Lokasinya di samping Rumah Sakit Dadi Makassar”, jelasnya.

Dia menyebutkan bahwa instruksi menggelar kegiatan di dua tempat itu datangnya langsung dari Gubernur SulSel. Bermula saat sang Gubernur bergelar Professor itu berada di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada Senin kemarin.

Read:  Tasya, Pasien Tumor Asal Bantaeng Ketiban Segopoh Uang Merah, Isteri NA: Jangan Memuji

Gubernur SulSel kemudian memerintahkan jajaran Dinas Kesehatan untuk membuka layanan dimaksud karena melihat kondisi antrian panjang calon penumpang yang ingin memeriksakan diri terkait kemungkinan terpapar COVID-19 atau tidak. Nurdin Abdullah juga meminta agar ada sinergitas dengan otoritas bandara.

“Jadi ini inisiasi pak Gubernur Sulawesi Selatan. Makanya kita buka layanan gratis Rapid Test Antigen”, tambah dia.

Dikatakan lebih lanjut, masyarakat bisa mendaftar via online di URL link bit.ly/daftar-rapid-gratis. Mereka yang akan melakukan perjalanan lewat laut ataupun darat, diarahkan pemeriksaannya di Sekretariat YKI Cabang SulSel.

“Belum ditentukan oleh Bapak Gubernur terkait kapan berakhir pemeriksaan gratis ini. Jadi seperti rapid test sebelumnya yang juga gratis, kita buka sesuai kebutuhan”, paparnya.

Sementara itu, Gubernur SulSel, HM Nurdin Abdullah meninjau di lokasi layanan pemeriksaan gratis Rapid Test Antigen di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin pada Rabu (23/12/20). Dia mengecek langsung seperti apa prosedurnya kepada Petugas dan Tim Medis.

“Apa ada Surat Keterangan (Suket) diberikan setelah pemeriksaan. Lalu, berapa lama pemeriksaannya?”, tanya Prof Ir H M Nurdin Abdullah, M.Agr

Diuraikan Misbayanti Tribuana, salah seorang Petugas Kesehatan di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin bahwa peserta Rapid Test Antigen melalui proses pemeriksaan antara 15 hingga 30 menit. Setelah mendaftar online, mereka ke lokasi itu dan mendapat antrian, pada akhirnya diperiksa dan akan mendapat Suket. (*)