H-3 Idul Fitri 1441 H, Dekranasda SulSel Bagikan Paket Buka Puasa

Berbagi Dekranasda SulSel di Maros.
Pembagian paket buka puasa di Kampung Matoa Makassar (20/05/20).

AMBAE.co.id – Maros. Berlangsung di dua daerah berbeda, Pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) berbagi paket buka puasa. Tepatnya di Kabupaten Maros dan Kota Makassar pada Rabu (20/05/20).

Bertepatan dengan 27 Ramadhan 1441 Hijriyah. Paket buka puasa berjumlah 850 paket dibagikan di sejumlah lokasi di Maros.

Wakil Ketua I Dekranasda SulSel, Andi Oci Alepuddin menjelaskan bahwa jajarannya juga berbagi di Kota Makassar. Pengurus menyambangi Kampung Matoa, Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar.

“Dua tim hari ini membagikan paket buka puasa yang jumlahnya ratusan paket. Pertama itu di Kabupaten Maros, ada beberapa titik ditambah di Biringkanaya, Kota Makassar”, ungkapnya.

Oci juga menuturkan bahwa kegiatan itu untuk terakhir kalinya selama Ramadhan 1441 H ini. Telah dilaksanakan sejak awal Ramadhan, teknisnya tiap Jum’at, namun kali ini dimajukan jadwalnya sebelum Idul Fitri 1441 H.

“Biasanya setiap hari Jum’at, tapi karena mendekati lebaran, jadinya kita pindahkan ke hari ini. Alhamdulillah berjalan sukses, baik di Maros maupun Makassar”, tutur dia.

Jika pekan lalu kata Oci, dipilih Kabupaten Takalar, berkaitan agenda lainnya yang juga digelar di daerah itu. Sementara Maros dipilih dengan pertimbangan jarak yang relatif lebih dekat, di tengah kesibukan lainnya organisasi itu menggelar kegiatan terkait pembinaan terhadap UMKM.

“Disamping dekat memang jaraknya, juga banyak UMKM binaan kita di Maros. Sekalian kita berbagi semangat, memberi arahan serta bersilaturahmi agar tetap bersabar dengan harapan pandemi segera berlalu dan kondisi Industri Mikro, Kecil dan Menengah kembali normal”, paparnya.

Dirinya berharap banyak lagi agar para Pelaku UMKM di Maros maupun daerah lainnya di SulSel senantiasa kreatif selama pandemi COVID-19. Menurutnya banyak hal bisa dipetik dari pandemi ini, bahkan selama pandemi tetap bisa berkarya.

“Teman-teman UMKM harus lebih kreatif lagi, selama pandmei dan pasca pandemi ini. Dekranasda SulSel banyak memberdayakan UMKM, misalnya membuat masker yang kemudian Dekranasda SulSel memberikannya ke masyarakat yang terdampak COVID-19”, ujar dia.

Saat bersilaturahmi di Desa Simbang, Kecamatan Simbang, Kabupaten Maros, Hapsana, salah seorang Pelaku UMKM menyampaikan apresiasinya kepada Dekranasda SulSel. Baginya kehadiran organisasi yang digawangi Hj Liestiaty F Nurdin itu banyak memberikan kemudahan, motivasi serta peluang untuk maju.

“Banyak masukan kami terima, ada ide-ide baru menciptakan produk. Tak kalah pentingnya itu, kami termotivasi untuk menghasilkan produk berkualitas, terima kasih Ibu Gubernur (Red: Ketua Dekranasda SulSel) dan juga para Pengurus Dekranasda SulSel”, ucap Hapsana.

Terkait bantuan paket buka puasa yang disalurkan Dekranasda SulSel saat itu, dia berharap semakin menambah semangat Pelaku UMKM di daerahnya. Bahwa Dekranasda Kabupaten/Kota dan Provinsi bersama seluruh Pelaku, Penggiat dan Pemerhati UMKM adalah satu kesatuan saling melengkapi.

Read:  Dekranasda-PKK SulSel Perdana Menggelar Festival Sarung di Hari Kartini 2019

Liestiaty F Nurdin selaku Ketua Dekranasda SulSel yang dikonfirmasi AMBAE via telepon memberikan penghargaan yang tinggi terhadap jajarannya. Termasuk Pelaku UMKM di daerah, dia berpesan agar semua menyiapkan kemungkinan lonjakan permintaan pasar usai pandemi.

Malah dikatakan bahwa selama pandemi bergulir, Pelaku UMKM yang bisa memanfaatkan moment ini telah berjaya menerima banyak orderan. Seperti halnya pembuatan masker oleh UMKM binaan Dekranasda SulSel dan juga pembuatan tas kain melalui UMKM binaan PKK SulSel.

“Banyak juga ya UMKM kita yang menerima pesanan untuk memenuhi bantuan penanganan COVID-19. Kalau di PKK SulSel ada pembuatan tas kain, di Dekranasda SulSel kita pesan masker”, pungkasnya.

Karenanya, Lies yang adalah Isteri Gubernur SulSel mengajak Pelaku UMKM lebih kreatif. Menangkap setiap peluang yang ada dalam kondisi, waktu dan tempat berbeda sekalipun. (*)