Isi Piringku Picu 40 Peserta Wisata COVID-19 SulSel Pulang ke Rumah

Makanan bergizi seimbang Isi Piringku.
Gubernur SulSel, HM Nurdin Abdullah meninjau Hotel Almadera Makassar (04/05/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Wujud Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov SulSel) yang serius menangani pasien COVID-19 berangsur membuahkan hasil. Sebanyak 40 peserta Wisata COVID-19 telah pulang ke rumahnya, Senin (04/05/20).

Selama kurang lebih 14 hari, para ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan OTG (Orang Tanpa Gejala) diinapkan di Hotel Swiss-Belinn Kota Makassar. Menjalani karantina selama masa inkubasi virus corona yang kemungkinan menginfeksinya.

“Ini wujud Pemerintah hadir, peduli dengan apa yang dialami masyarakat kita yang ODP, PDP dan OTG. Kita inapkan di hotel dengan fasilitas yang bagus, sembuhnya cepat”, ujar Gubernur SulSel, HM Nurdin Abdullah saat berada di Hotel Almadera.

Awalnya sebanyak 217 mengikuti program itu. Pemprov SulSel menyiapkan fasilitas lengkap dan representatif seperti tempat tidur, TV, Wi-Fi. Tak kalah pentingnya makanan bergizi seimbang yang difasilitasi langsung Ketua Tim Penggerak PKK SulSel, Hj Liestiaty F Nurdin dengan memesan catering khusus.

“Mereka yang ODP dan OTG kita masukkan ke hotel. Makanannya kita kasi yang bergizi seimbang, Ketua PKK SulSel juga siapkan catering dan program Isi Piringku”, tutur dia.

Bahkan kata Nurdin Abdullah, makanan peserta program itu diatur dan diawasi ahli gizi. Olah raga secara teratur dilakukan, semua itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunnya.

“Alhamdulillah 40 orang sudah bisa pulang ke rumah, oleh dokter hasilnya negatif virus corona. Mudah-mudahan pandemi COVID-19 ini berakhir akhir Mei”, pungkasnya.

Tidak ada kata mubazzir menurutnya, terkait penggunaan hotel sebagai tempat karantina. Nurdin Abdullah mengatakan, lebih baik dibanding membeli ventilator 1 unit saja sudah mencapai 1 Milyar Rupiah.

Read:  Nurdin Abdullah Beri Solusi Pembelajaran Daring dengan 610311 Kartu Perdana Telkomsel

Isi Piringku yang menjadi program Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) diterapkan PKK SulSel guna membantu Pemprov SulSel menangani pasien COVID-19. Hj Liestiaty F Nurdin selaku Ketua PKK SulSel menjelaskan bahwa komposisi Isi Piringku sangat lengkap, berimbang dan ideal untuk menjaga serta meningkatkan imun.

“Isi Piringku pengganti 4 Sehat 5 Sempurna. Ada makanan pokok, 2/3 dari ½ piring, lalu 1/3 dari ½ piring itu lauk pauk. Buah 1/3 dari ½ piring, 2/3 dari ½ piring lagi adalah sayuran serta ada air putih”, jelas Lies.

Untuk air putih, Lies menyarankan agar meminum minimal 8 gelas sehari. Dan jangan lupa kata dia, tetap bergerak dengan olah raga ringan serta membiasakan CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

“Saudara-saudara kita di Hotel Swiss-Bel mulai sembuh. Hari ini sudah pulang 40 orang, Saya harap tetap dibiasakan konsumsi Isi Piringku di rumah”, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi SulSel, Ichsan Mustari membeberkan, dari jumlah peserta program itu, 5 diantaranya dirujuk ke rumah sakit. Dikatakan juga bahwa OTG (Orang Tanpa Gejala) seyogyanya dikarantina di hotel, bukan di rumah sakit karena bisa lebih parah.

“5 orang dirujuk ke rumah sakit. 40 orang lainnya dinyatakan negatif terinfeksi virus corona dan sudah dipulangkan”, terang dia.

Bagi peserta yang dinyatakan positif dan OTG akan dipindahkan ke Hotel Almadera. Sedianya Pemprov SulSel mulai pemindahan pada Selasa, 5 Mei 2020. (*)