SDM dan Infrastruktur Menjadi Tema Pembangunan Pemprov SulSel Tahun 2021

Tema Pembangunan SulSel tahun 2021.
Gubernur SulSel menyimak pemaparan salah seorang peserta Musrenbang Online (20/04/20).

AMBAE.co.id – Makassar. Dua hal utama difokuskan sebagai tema pembangunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (SulSel) untuk tahun 2021. Tema dimaksud adalah “Meningkatkan Kualitas SDM dan Pembangunan Infrastruktur untuk Mendukung Ekonomi Berkualitas”.

Telah ditetapkan pada Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan) Tahun 2020 pada Senin (20/04/20). Digelar online dengan menghadirkan sejumlah pejabat pusat hingga daerah dari tempat terpisah yang dihubungkan dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting.

“Harapan kita dengan tema ini, masyarakat SulSel dapat lebih cepat meningkat kesejahteraannya”, kata Gubernur SulSel, HM Nurdin Abdullah.

Dia yang memimpin Video Conference menjelaskan, kesejahteraan dimaksud harus berkeadilan untuk mengurangi ketimpangan. Sehingga akan berdampak pada pendapatan baik itu bagi masyarakat maupun Pemerintah.

“Enam prioritas pembangunan kita tetapkan untuk mewujudkan pembagunan daerah yang lebih jaya”, ujarnya.

Masing-masing adalah peningkatan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) yang berdaya saing. Peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur wilayah dalam rangka akselerasi pertumbuhan yang lebih cepat.

Read:  Haerul Minta Mesin 1000cc, Nurdin Abdullah: Satu Cukup Ya?

Hal ketiga kata dia, adanya percepatan pertumbuhan ekonomi dan juga transformasi ekonomi. Lalu yang keempat terkait upaya mengurangi ketimpangan pendapatan masyarakat.

“Guna mewujudkan program pembangunan SulSel, target pembangunan tahun 2021 secara makro kita perlukan adanya dukungan seluruh stakeholder pembangunan. Dan juga harus terjadi sinkronisasi pembangunan antara Pemerintah Pusat, Provinsi serta Kabupaten dan Kota”, imbuhnya.

Sementara prioritas kelima dijelaskan olehnya, bagaimana Pemprov SulSel mengupayakan terjadinya peningkatan nilai tambah komoditas unggulan. Prioritas keenam adalah pemantapan reformasi di sektor birokrasi.

Read:  Wudhu Senjata Dasyat Melawan COVID-19

Karenanya, Gubernur yang akrab disapa NA berharap adanya upaya strategis dan inovatif. Dengan begitu tata kelola pemerintahan yang baik dan efektif akan dicapai.

“Adanya tata kelola pemerintahan yang baik dan efektif, Insha Allah pembangunan dapat dicapai dengan baik pula serta berkualitas tentunya”, tutur NA.

Ditambahkan NA, penting melakukan penguatan pembangunan infrastruktur secara merata. Sehingga sektor unggulan dapat didorong demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Read:  Bantaeng Sabet Penghargaan Pembangunan Daerah Kategori Kabupaten Terbaik I

Upaya berikutnya yang juga strategis yakni meningkatkan koordinasi, komunikasi dan sinergitas antara seluruh komponen. Stakeholder dan seluruh elemen masyarakat sepatutnya membangun serta menjaga kolaboratif dan sinergitas yang berkesinambungan. (*)