Pemkab Bantaeng Salurkan Sembako ke ODP

Pembagian sembako dari Pemkab Bantaeng.
Keluarga ODP COVID-19 (kanan) menerima bantuan masker dan sembako (04/04/20).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Bersama unsur Forkopimda Kabupaten Bantaeng, Pemerintah Kabupaten Bantaeng terus bergerak menangani COVID-19. Sembako disalurkan kepada Orang Dalam Pemantauan (ODP) di beberapa titik, Sabtu (04/04/20).

Penyaluran itu dipimpin Kapolres Bantaeng, Dandim 1410 Bantaeng serta Asisten I Setda Kabupaten Bantaeng yang mewakili Bupati Bantaeng. Satu persatu lokasi didatangi dengan antusias.

Tujuh titik dikunjungi yakni Dusun Bunga Biraeng Desa Lumpangang sebanyak 2 titik, yang mana masuk ke dalam wilayah kerja Puskesmas Kassi-kassi. Lima titik lainnya di wilayah kerja Puskesmas Dampang, masing-masing Ujung Pangi, Gantarang Keke, Palanjong, Dampang dan Lembang Galung.

Read:  Muh Syafri Nurdin Pecundangi 8 Rider Di Sirkuit Lapangan Hitam Bantaeng

Secara bergantian unsur Forkompinda menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada keluarga ODP. Selain itu, diserahkan pula masker yang dikhususkan ODP serta orang disekitarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng, Ihsan menjelaskan bahwa ada 2 lembar masker diserahkan kepada setiap anggota keluarga ODP. Ihsan juga mengedukasi warga bagaimana mengisolasi diri secara mandiri bagi orang yang sedang terpantau beserta keluarganya.

“Masing-masing mendapat 2 lembar masker. Jadi diganti setiap harinya, agar maskernya tetap bersih”, tuturnya.

Masker itu kata dia bisa dicuci. Dengan begitu, satu lembar bisa dipakai beraktifitas di saat masker lainnya dicuci.

“Jika selesai digunakan, maskernya dicuci, masker yang satunya yang bersih dapat digunakan. Saya harap tinggalnya terpisah dengan orang yang dalam masa pemantauan”, pinta Ihsan.

Sementara untuk bantuan sembako, pihaknya berharap bisa meringankan beban masyarakat selama masa isolasi mandiri. Terhitung 14 hari mulai orang tersebut pulang dari daerah terjangkit COVID-19″, paparnya.

Read:  Dinkes Bantaeng Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular Calon Jama'ah Haji

Bantuan paket sembako dan masker berasal dari Dekranasda Bantaeng dan PT Huadi Nickel-alloy Indonesia. Di tempat berbeda, pembagian dilaksanakan di wilayah Puskesmas Bissappu sebanyak 13 paket.

Di wilayah Puskesmas Sinoa sebanyak 6 paket, Puskesmas Loka sebanyak 2 paket dan Puskesmas Labbo sebanyak 2 paket. Termasuk kata Ihsan yang mewakili Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 ada 4 paket dibagikan di wilayah Puskesmas Ulugalung.

Read:  Kunjungi Bantaeng, Dinkes Kota Bogor Belajar Layanan PSC 119

Berikutnya ada 3 paket di wilayah kerja Puskesmas Baruga. Kesemuanya berjumlah 37 paket khusus untuk ODP. (*)