ASN Disbudpar Sulsel Apel Pagi Diantara Hujan, BSR: Sekalian Silaturahmi

 

Pelaksanaan Apel Pagi Disbudpar Sulsel pada Minggu ketiga Juni 2022.
Jajaran Disbudpar Sulsel mengikuti Apel Pagi yang dipimpin Bruno S Rantetana (13/06/22).

AMBAE.co.idMakassar. Memasuki pekan ketiga bulan Juni 2022, Disbudpar Sulsel (Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan) menggelar Apel Pagi di Halaman Gedung MULO, Kota Makassar, Senin, 13 Juni 2022. Diikuti ASN (Aparatur Sipil Negara) dari Sekretariat, Bidang, dan UPT (Unit Pelaksana Teknis), baik PNS (Pegawai Negeri Sipil) maupun Non PNS.

Apel pagi itu berlangsung singkat, sekira 10-15 menit. Memanfaatkan waktu yang juga singkat, mengingat kondisi cuaca yang berawan.

Bahkan beberapa jam sebelumnya, sejumlah titik di Kota Makassar diguyur hujan, termasuk kawasan Gedung MULO. Demikian halnya pasca Apel Pagi, rintik hujan kembali membasahi halaman yang ditumbuhi rumput nan hijau yang menjadikan Gedung MULO tampak asri.

Read:  Tahun Kedua Alumni SMP 2 Bissappu Bagi-bagi Takjil

Apel pagi ini pula terlaksana sebagai pengganti Upacara Pengibaran Bendera. Berhubung, pekan ini baru dilaksanakan upacara pada 17 Juni 2022 untuk memperingati Hari Kesadaran Nasional.

Itu berarti, Bendera Merah Putih telah dikibarkan lebih awal. Pengibaran sekira pukul 06:00 WITA, diambil alih Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Sat Pol PP) yang bertugas saat itu.

Irwan S selaku Pengadministrasi Hukum pada Sub Bagian Umum, Kepegawaian, dan Hukum bertindak sebagai Pemimpin Barisan, sementara Pembina Apel Pagi dipercayakan kepada Bruno S Rantetana. Dia yang kini menduduki posisi Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata, tak lain adalah pejabat senior di lingkungan Disbudpar Sulsel.

Read:  Masih Seputar 17-an, Museum La Galigo Paketkan Lomba dan Senam

Kerap bertindak sebagai Pembina Apel ataupun Inspektur Upacara. Dalam keterangannya, dikatakan bahwa kegiatan itu patut dibudayakan dan dibiasakan untuk memotivasi ASN lebih disiplin.

“Disiplin, ini tujuan utama dilaksanakannya Upacara dan juga Apel. Kita berharap dari waktu ke waktu ada peningkatan, berangkat dari kebiasaan masing-masing pribadi teman-teman,” kata Bruno.

Faedah lain kata Bruno, sebagai ajang silaturahmi, saling bertemu dan berbagi informasi di tempat dan waktu yang sama. Pasalnya, ASN Disbudpar Sulsel tidak hanya berkantor di Gedung MULO.

Tiga unit, masing-masing UPT Museum dan Taman Budaya berkantor di Benteng Rotterdam di Kota Makassar, UPT Taman Budaya Benteng Somba Opu berkantor di Benteng Somba Opu di Kabupaten Gowa. Sedangkan UPT Museum Mandala dan Societeit de Harmonie berkantor di dua lokasi di Kota Makassar yakni di Monumen Mandala dan Gedung Kesenian Societeit de Harmonie.

“Sekalian bertemu satu dengan yang lainnya, supaya bisa berbagi banyak hal, utamanya mengenai tugas dan tanggung jawab di lingkungan Disbudpar Sulsel. Paling jauh yang dari Benteng Somba Opu,” jelas dia yang karib disapa BSR.

Sehingga, Apel Pagi menjadi penting dalam merekatkan dan menguatkan kebersamaan. Untuk diketahui, Apel Pagi ini rutin dihelat sebelum menjalankan rutinitas sesuai Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi) masing-masing ASN. (*)