Serentak se-Indonesia, Oi Bantaeng Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai

Aksi bersih pantai oleh Oi Bantaeng.
Pemeriksaan kesehatan gratis oleh Oi Bantaeng bekerja sama Dinkes Bantaeng (02/02/20).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Ormas (Organisasi Masyarakat) menggelar aksi bersih-bersih pada Minggu pagi (02/02/20) di sekitar Kawasan Pantai Seruni Bantaeng yang terletak di dua Kelurahan yakni Pallantikang dan Tappanjeng, Kecamatan Bantaeng.

Termasuk kawasan pantai di Lingkungan Borongkalukua yang berseberangan dengan Pantai Seruni Bantaeng. Oi melibatkan jajarannya, bahkan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi selama kegiatan.

Saktiawan Listanto selaku Ketua Umum BPK (Badan Pengurus Kabupaten) Oi untuk Kabupaten Bantaeng menyampaikan tujuan kegiatan itu tak lain untuk mendorong serta memacu kesadaran masyarakat agar hidup bersih dan sehat.

“Kegiatan sehat, sosial dan bersih-bersih akan terus kami laksanakan di Kabupaten Bantaeng. Selain mengajak sehat jasmani, juga berharap bisa meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan”, jelasnya.

Menurutnya persoalan sampah yang erat kaitannya dengan kebersihan menjadi tanggung jawab bersama. Bukan hanya Pemerintah, namun bagaimana agar seluruh elemen masyarakat ikut andil di dalamnya.

“Terkait sampah harus kita perhatikan demi menjaga citra Bantaeng sebagai Kabupaten Bersih. Bayangkan sudah 8 kali dapat Piala Adipura, sayang kalau kotor dimana-mana”, ujarnya.

Oi Bantaeng ini menamai kegiatan itu dengan “Fun Walk Serentak Pemeriksaan Kesehatan Gratis dan Aksi Bersih Bersih”. Serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia, Oi memulai dengan berolah raga jalan santai.

Read:  Gubernur dan Ketua PKK SulSel Gelar Buka Bersama Ratusan Disabilitas

Diikuti aksi bersih-bersih dan dilaksanakan pula pemeriksaan kesehatan gratis. Oi bekerja sama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantaeng serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantaeng.

“Terima kasih banyak Saya ucapkan kepada teman-teman Oi yang begitu perhatian dengan kebersihan lingkungan. Mudah-mudahan kita bisa bekerja sama lagi dikesempatan berikutnya untuk menjaga Bantaeng tetap bersih”, tutur Taufiqurrahman selaku Kasi Pengelolaan Persampahan di DLH Bantaeng.

Sementara pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat khususnya pengunjung Pantai Seruni Bantaeng dilangsungkan di sekitar Pelataran Tribun Pantai Seruni Bantaeng. Dinkes menurunkan Satuan Medisnya dari Public Safety Center (PSC) 119. (*)