Bantaeng Pertama Gunakan Aplikasi Pendidikan C-Smart Dari Telkomsel

Aplikasi C-Smart milik Telkomsel diterapkan pertama kali di Bantaeng.
10 sekolah di Bantaeng menerima aplikasi C-Smart dari Telkomsel pada event OMG! Fun Bike and Walk Telkomsel (15/12/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Menghadapi Era Industri 4.0, generasi milenial selayaknya dibekali dengan sejumlah pengetahuan serta pemahaman agar tantangan yang kompleks didalamnya dapat dilalui dengan baik dan penuh manfaat. Telkomsel menyikapi hal itu dengan menghadirkan layanan C-Smart (Celebes School Mobile Application from Telkomsel).

Aplikasi berbasis mobile itu diluncurkan Telkomsel dan diimplementasikan untuk pertama kalinya di Kabupaten Bantaeng. Seperti disampaikan Agustiyono selaku Vice President Consumer Sales Area Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan) di Lapangan Pantai Seruni Bantaeng, Minggu (15/12/19).

“Bantaeng terpilih menjadi daerah pertama yang menggunakan aplikasi C-Smart. Berikutnya akan kami kembangkan di sekolah-sekolah lainnya di wilayah Sulawesi”, tutur Agustiyono.

Dia yang berbicara di hadapan peserta OMG! Fun Bike and Walk mengatakan jika aplikasi pendidikan berbasis mobile itu akan lebih memudahkan sekolah serta siswa dan siswi maupun guru dalam mengelola dan mengakses data administrasi akademik secara online. Demikian halnya orang tua dapat mengontrol keberadaan anaknya di sekolah atau tidak.

“Dengan aplikasi C-Smart ini, Telkomsel berupaya menghadirkan solusi digital yang dapat menunjang kegiatan akademik di sekolah. Sejalan dengan upaya mewujudkan Smartcity di Kabupaten Bantaeng serta peningkatan ekosistem digital di berbagai kalangan masyarakat”, tambahnya.

Fitur yang ada pada aplikasi C-Smart berupa absensi, riwayat absensi, nilai pelajaran, tanya guru, pengumuman, jadwal akademik, materi belajar digital dan fitur menarik lainnya. Aplikasi itu tersedia di Google Play Store, secara gratis dapat didownload dan digunakan para guru serta siswa dan siswi.

Read:  Hingga Larut Malam Tim Tanggap Cepat COVID-19 Salurkan Sembako

Sebagai penanda penggunaan perdana C-Smart di Kabupaten Bantaeng, Telkomsel menyerahkannya kepada 10 sekolah untuk dimanfaatkan secara maksimal dalam rangka mengembangkan dan memajukan dunia pendidikan di Bantaeng pada khususnya.

Masing-masing SMA Negeri 1 Bantaeng, SMA Negeri 2 Bantaeng, SMA Negeri 3 Bantaeng, SMA Negeri 4 Bantaeng, SMA Negeri 5 Bantaeng, SMA Negeri 6 Bantaeng, SMK Negeri 1 Bantaeng, SMK Negeri 2 Bantaeng, SMK Negeri 3 Bantaeng dan SMK Negeri 5 Bantaeng.

Read:  SD 5 Lembang Cina Terbanyak Ikuti POR Pelajar 2019

Diserahkan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Pendidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel), Asqar didampingi Agustiyono. Tampak pula menyaksikan diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Bantaeng, Abdul Wahab, Kapolres Bantaeng, Wawan Sumantri, Dandim 1410 Bantaeng, Tambohule Wulaa serta Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Sri Dewi Yanti.

Asqar menjelaskan bahwa C-Smart sangat mendukung pendidikan anak-anak saat ini. Fitur didalamya cocok dengan sistem kurikulum yang diaplikasikan Pemerintah di sekolah.

“Fitur-fitur yang ada di C-Smart sangat kompatibel dengan kegiatan kita di sekolah. Bukan hanya absensi atau presensi yang geo tagging untuk bisa mengetahui posisi anak didik kita, juga ada fitur untuk modul pembelajaran yang sesuai dengan sistem pelayanan pendidikan kita”, terangnya.

Dia berharap pendidikan secara digital yang ditawarkan Telkomsel tidak berhenti sampai disitu saja. Lebih jauh Asqar menggambarkan jika dampak negatif dari kemajuan teknologi patut pula menjadi perhatian seluruh pihak. (*)