Dari 26 M, Gubernur SulSel Naikkan Bantuan Untuk Bantaeng Lampaui 30 M

Puncak Hari Jadi Bantaeng ke-765.
Peringatan Hari Jadi Bantaeng ke-765 di Gedung Balai Kartini Bantaeng (07/12/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Puncak Hari Jadi Bantaeng (HJB) ke-765 tahun, Pemerintah dan Masyarakat daerah ini mendapat kado spesial dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov SulSel).

Ditegaskan Gubernur SulSel, HM Nurdin Abdullah saat menghadiri seremonial HJB 765 di Gedung Balai Kartini Bantaeng pada Sabtu pagi (07/12/19). Pemprov akan mengucurkan Bantuan Keuangan Daerah sebesar 30 Milyar lebih.

“Tahun ini usulannya 20 ya? Insya Allah tidak kurang dari 30 M, itu plafond dasar untuk Bantaeng”, tegas Gubernur yang karib disapa NA.

Lanjut dipertegas jika angkanya tidak kurang dari 30 Milyar Rupiah untuk tahun 2020, artinya terjadinya peningkatan dari tahun 2019 sebesar 26 M. Meski saat itu dia belum menyebutkan angka pastinya karena sementara dalam penyusunan perencanaan.

“Saat ini sedang kami hitung. Kalau kurang jangan marahi Saya, ada wakil Bapak Bupati di Provinsi, silakan Bapak marahi mereka”, ujarnya sembari menunjuk beberapa pejabat asal Bantaeng yang mengabdi di Pemprov SulSel.

Sentak hadirin menyambut pernyataan NA dengan tepuk meriah. Bahkan NA menyebutkan jika ada dana sebesar 29 Milyar yang siap digunakan Kabupaten/Kota yang ada di SulSel.

“Anggaran sebesar 29 Milyar ada di Dinas Perindustrian. Silakan Bapak manfaatkan itu”, pungkasnya.

NA berdalih itu sejalan dengan pesan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo untuk mengembangkan kepariwisataan. Jika pariwisata dikembangkan kata NA, maka hampir semua sektor ikut berkembang, sehingga pihaknya menggelontorkan dana relatif besar dari 24 M menjadi 300 M untuk daerah selain Bantuan Keuangan Daerah.

“Kita tidak bagi merata, tapi mengacu pada daerah yang punya program inovatif. Saya tidak takut dikritik karena memberi anggaran besar ke Bantaeng, dalam agama dikatakan kalau kita mau bersedekah, ke org terdekat dulu”, tutup NA.

Begitu juga Dinas dan seluruh instansi di lingkup Pemprov SulSel. Gubernur bergelar Professor itu mewanti-wanti akan menyetop serapan anggaran jika tidak aktif turun ke daerah dan tentunya memberi hasil dari hubungan interaktif tersebut.

Read:  Nurdin Abdullah Dikejutkan Kehadiran Duta Lilin, Bimtek Pun Terpending

Sebelumnya, Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin dalam sambutan resminya menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas bantuan serta perhatian Gubernur SulSel kepada Bantaeng yang dulu pernah dipimpinnya selama 10 tahun.

“Terima kasih, hormat dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bapak Gubernur telah meletakkan dasar pemerintahan yang berpihak pada masyarakat. Kami hadir sebagai bagian keberlanjutan dari Pemerintahan sebelumnya”, tuturnya.

Ilham menitip harapan agar perhatian, dukungan dan bantuan senantiasa tercurah untuk Bantaeng. Lebih khusus pada sektor pertanian, industri, infrastruktur dan pariwisata.

“Untuk anggaran tahun 2020, Saya takut menyebutkan angka, nanti angkanya kurang dari yang akan disebutkan Bapak Gubernur”, bebernya.

Keduanya pun dalam sambutan itu tidak terlepas dari saling memuji, menyanjung serta saling menyemangati satu sama lain. Betapa tidak, Bantaeng oleh NA telah dijadikannya sebagai anak kandung SulSel sejak pertama menjabat Gubernur SulSel. (*)