Usai Membuka Jambore PIK-R, Bupati Bantaeng Kumpulkan 440 Temannya

Kegiatan Jambore PIK Remaja Kabupaten Bantaeng.
Bupati Bantaeng memukul gong tanda dimulainya Jambore PIK-R tingkat Kabupaten Bantaeng (28/11/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Berlokasi di Lapangan Lapangan Dampang, Kelurahan Gantarang Keke, Kecamatan Gantarang Keke, dilaksanakan Jambore PIK Remaja (PIK-R) Tingkat Kabupaten Bantaeng Tahun 2019. Kegiatan itu dibuka secara resmi Bupati Bantaeng, H Ilham Azikin sekitar Kamis sore (28/11/19).

Itu dilakukan sebelum dirinya menyampaikan banyak hal di hadapan para Pengurus dan Anggota PIK-R. Dia memukul gong sebanyak tiga kali sebagai penanda pembukaan.

Selanjutnya dia mengajak seluruh peserta Jambore mendekat dan duduk tak jauh di depannya. Ilham yang terbilang energik kemudian bercerita bagaimana menghadapi kehidupan berumah tangga yang baik.

“Tidak usah Saya baca sambutan ini ya? Cukup Saya bercerita saja agar tidak membosankan dan terima kasih karena teman-teman mau meluangkan waktunya berkumpul mengikuti Jambore PIK Remaja”, tutur Ilham.

Seluruh peserta yang tak lain adalah siswa dan siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan sederajat, disebutnya “teman-teman”. Hal itu dilakukan kata Ilham agar tidak ada ketegangan selama mengikuti Jambore, apalagi saat dirinya dimandat untuk menyampaikan sepatah dua kata berisi pesan moral maupun nasehat.

“Banyak temanta lebih nyaman di dalam kamar sendiri, browsing dan googling sendiri lalu teman disekitarnya. Kita tidak seperti itu, hanya sibuk dengan gadgetnya sementara banyak aktifitas lebih bermanfaat bisa dilakukan di luar”, ujarnya.

Jambore yang akan berlangsung selama 3 hari (28-30 November 2019) itu dihadiri sedikitnya 22 Kelompok PIK-R. Dimana setiap kelompok mengikutkan sekitar 20 orang.

Read:  Ketua PKK Bantaeng Jadi Pembicara Seminar Generasi Milenial Bersama Pemuda LIRA

Turut hadir pada kesempatan itu Plt Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (Kaper BKKBN), Wardihan, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Sri Dewi Yanti serta Plt Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Bantaeng, Abdi Sam. Termasuk para Kepala OPD, Camat, Lurah, Kepala Desa, Guru Pendamping serta Koordinator PKB (Penyuluh Keluarga Berencana) dan PLKB (Petugas Lapangan Keluarga Berencana).

Read:  Puskesmas Sinoa Libatkan Pelajar Semarakkan HUT RI 74

Sebelumnya, Wardihan menyampaikan bahwa Jambore PIK-R untuk mengarahkan remaja agar menyiapkan diri menuju kehidupan keluarga yang baik dan terencana. Bagaimana menyatukan pendapat yang terbaik menjadi bentuk rumusan remaja kedepan terkait hal apa saja yang bisa diterapkan dalam kehidupan keluarga.

Wardihan juga mengapresiasi kepedulian Bupati Bantaeng yang dengan sungguh-sungguh mensupport kegiatan di bidang keluarga berencana. Bahkan telah dibuktikan dengan digelarnya Jambore PKB/PLKB tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (SulSel) beberapa waktu lalu yang dipusatkan di Bantaeng.

“Jambore PIK-R ini tidak menutup kemungkinan di masa mendatang kita gelar di Bantaeng Jambore PIK-R tingkat Sulawesi Selatan. Bahkan kenapa tidak tingkat nasional karena Bapak Bupati sangat mendukung”, pungkasnya.

Baik Wardihan, Ilham maupun Sri dan Abdi, sebelum beranjak meninggalkan lokasi Jambore, melakukan peninjauan lapangan. Satu persatu kemah peserta didatangi di sekeliling lapangan yang kurang lebih seukuran lapangan sepak bola. (*)

Read:  Lepas Peserta Karnaval, Bupati Bantaeng Minta Masyarakat Pertahankan Nilai Budaya