Tiga Belas Puskesmas se-Bantaeng Adu Kreatifitas Memasak Ala Germas

Kegiatan Lomba Memasak HKN 55 tingkat Kabupaten Bantaeng.
Ketua PKK Bantaeng (duduk) sedang menilai masakan peserta Lomba Memasak (24/11/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Masih dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55 tahun 2019 tingkat Kabupaten Bantaeng, digelarlah Lomba Memasak Nasi Goreng Germas oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantaeng di Tribun Pantai Seruni Bantaeng, Minggu (24/11/19).

Sebanyak 13 Puskesmas yang ada di Bantaeng mengirimkan perwakilannya beradu kreatifitas dan kepiawaian memasak selama kurang lebih 2 jam. Ditambah perwakilan Dinas Kesehatan Bantaeng sebagai peserta.

“Lomba memasak kita laksanakan untuk memperingati HKN ke-55. Pesertanya dari Puskesmas yang berjumlah 13 dan juga utusan Dinas Kesehatan”, jelas Ulil Amri selaku Ketua Panitia.

Tiap peserta diwajibkan memasak nasi goreng dengan bahan dasar pangan lokal yang menjadi ciri khas Germas (Gerakan Masyarakat untuk Sehat). Tampak dari pantauan AMBAE, ada wortel, sawi, kentang, kol, telur serta beragam buah segar yang dipilih peserta sebagai bahan dasar maupun penghias makanan saat disajikan.

“Paling utama dengan lomba memasak ini agar menyiapkan makanan dengan perhitungan gizi seimbang. Perhitungan kalori, protein dan zat gizi lainnya mesti seimbang jumlahnya dalam tiap porsi yang disajikan peserta.

Ulil yang dikenal sebagai Dokter Gigi menyebutkan ada 3 orang tim yang bertindak sebagai Juri yakni Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bantaeng, Hj Sri Dewi Yanti, Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bantaeng, Vinka Nandakasih, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (PKCK) Dim 1410 Bantaeng, Sri Ningsih Tambohule dan Ketua Bhayangkari Cabang Bantaeng, Nina Wawan.

“Hari ini kita juga melaksanakan Jalan Santai yang diikuti sekitar 3 ribu peserta. Termasuk Bapak Bupati dan Ibu Ketua PKK Bantaeng ikut berjalan kaki”, tutur dia.

Untuk Lomba Memasak, berhasil mengantarkan Puskesmas Kota Bantaeng sebagai Juara I. Menyusul diurutan kedua dan ketiga, Dinkes Bantaeng dan Puskesmas Bissappu.

Read:  Seminar Parenting Ibuku Sahabatku, Ustadzah Astrie Ivo Tekankan Ibu Adalah Profesi

Hal itu diperkuat penjelasan Nahajerah selaku Kepala Seksi Promosi Kesehatan (Kasi Promkes) Dinkes Bantaeng. Sementara peserta favorit diberikan kepada Puskesmas Lasepang.

“Juara I, II dan III itu Puskesmas Kota, Dinkes dan Puskesmas Bissappu. Kalau Juara Favorit diraih Puskesmas Lasepang”, ungkapnya.

Ditambahkan Nahajerah jika satu-satunya peserta paling tenang dan tidak gaduh yakni Puskesmas Kassi-kassi yang berlokasi di Desa Nipa-nipa, Kecamatan Pa’jukukang. Meski tidak ada keterangan resmi untuk kategori tersebut. (*)