Puluhan Anak Ramaikan Lomba Kolase yang Digelar di Perpustakaan EXPO

Kolase dilombakan di Perpustakan EXPO Bantaeng.
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bantaeng memberi arahan sebelum Lomba Kolase dimulai.

Durasi waktu yang disiapakan selama 60 menit atau 1 jam, peserta sudah harus selesai mengikuti lomba. Diberikan juga waktu 30 menit untuk persiapan.

Cukup semarak lomba di Selasa pagi itu, anak-anak terlihat antusias mengikuti lomba. Diketahui lomba kolase mirip dengan puzzle.

Jika puzzle kita diarahkan menyatukan gambar, mewarnai kita melakukan pewarnaan dengan media pensil, pensil warna, spidol, cat air ataupun perlengkapan pewarna lainnya. Beda halnya dengan kolase peserta membentuk gambar dengan memasangkan serpihan media berwarna seperti kertas.

Read:  Jalan Kaki Menuju Rumah Sehat Pattaneteang, Tim Verlap KKS: Ibu Bupati Terdepan

Sehingga gambar dimaksud berbentuk berdasarkan warna yang dari media tersebut. Melalui lomba ini, anak-anak dilatih daya motoriknya untuk mengenali serta mengaplikasikan warna ke dalam gambar.

Hal itu dikatakan Estha Karim selaku Kepala DPK Bantaeng bahwa Perpustakaan EXPO bukan hanya menyangkut pustaka, baca dan tulis. Namun lebih luas pada pengaplikasian baca dan tulis untuk memaknai literasi secara utuh.

“Beberapa lomba kita laksanakan selama Perustakaan EXPO 2019. Satu diantaranya Lomba Kolase khusus untuk anak-anak kita dari PAUD,” terang Estha. (*)