Dapat 1 Dump Truck, Ilham Azikin Injak Gas Seraya Berkata Mantap

Uji coba kendaraan sampah.
Dump truck hasil pengadaan DLH Bantaeng untuk mengangkut sampah.

Untuk bank sampah dan rumah pengomposan kata ASN yang akrab disapa Adhy, sampah bisa menjadi sumber penghasilan baru bagi masyarakat karena tidak lagi semua sampah tersebut berakhir di TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Namun sebagian sesuai dengan jenis dan peruntukannya dapat diolah atau didaur ulang menjadi bahan kerajinan ataupun barang bernilai ekonomis lainnya. Sebut saja kata dia, plastik yang sangat sulit terurai tanah bisa dibuat menjadi tas cantik.

“Bank sampah dan rumah pengomposan bisa menekan jumlah timbulan sampah. Menjadikan sampah sebagai sumber penghasilan baru bagi msyarakat”, urainya.

Karenanya, bank sampah dan rumah pengomposan dari tahun ke tahun ditambah kuantitas dan kapasitas serta kualitasnya. Outputnya, bagaimana menangani sampah mulai dari sumber semakin berkurang tiba ke TPA.

Read:  Sandri, Polisi Bantaeng Pecinta Ikan Nemo

Dari situ, masyarakat bisa menarik keuntungan, mengubah sampah yang dianggap tidak punya nilai menjadi barang berharga dan bernilai ekonomis. Sehingga tidak menutup kemungkinan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, apalagi kalau dikelola secara profesional. (*)