Tingkatkan Perlindungan Anak, Pemdes Bonto Jai-DPMDPPPA Bantaeng Gelar Sosialisasi PATBM

Sosialisasi PATBM.
Sosialisasi PATBM di Desa Bonto Jai diikuti puluhan anak.

“Penanganan dan perindungan anak ini tanggung jawab kita semua, mulai dari keluarga, lingkungan, masyarakat hingga tatanan Pemerintah baik daerah maupun negara dalam lingkup lebih luas. Makanya PATBM dihadirkan Kementerian PPPA agar semua komponen itu bisa saling terpadu dan terintegrasi”, tuturnya.

Ditambahkan bahwa upaya perlindungan anak telah banyak dilakukan di masyarakat. Sebut saja upaya mensosialisasikan hak-hak anak kata dia, baik melalui kesenian, dialog maupun pemberitaan di media mainstream.

Termasuk hal penting berupa pendampingan terhadap anak yang menjadi korban kekerasan. Kesemua itu diharapkannya mampu melibatkan anak, keluarga dan masyarakat serta koordinasi dan komunikasi intens dengan Pemerintah sebagai pengambil kebijakan dan pelaksana program untuk masyarakat.

Read:  Berislam Jangan Ikuti Seleramu

Kepala Desa Bonto Jai, Amiluddin menggambarkan kerisauannya akan kondisi karakter anak yang mendapat pengaruh negatif dari lingkungannya serta orang-orang yang berinteraksi dengannya. Untuk itu dia ingin agar anak di desanya tidak mengalami degradasi moralitas seperti di tempat lain.

“Dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak demi keberlangsungan masa depan anak di Desa Bonto Jai. Kita berharap setelah ini terbentuk forum anak di desa ini”, harapnya.

Anak harus mendapat ruang seluas-luasnya untuk menyalurkan aspirasinya. Tentu pada hal positif yang berdaya guna bagi keluarga, desa, daerah, bangsa dan negara. (*)