Hari Pertama Sekolah, Orang Tua, Siswa dan Guru Hormati Bendera

Upacara Bendera di hari pertama sekolah.
Aqsha Ramadhika Azis (depan) diikuti temannya bersalaman dengan para Guru dan Kepala Sekolah (15/07/19).

AMBAE.co.id – Bantaeng. Pukul 07:00 Wita di penanggalan 15 Juli 2019, SD Negeri Nomor 5 Lembang Cina sudah dipadati ratusan anak. Mereka adalah siswa dan siswi yang menimba pendidikan di sekolah yang beralamat di Jalan Merpati Nomor 23, Kelurahan Pallantikang, Kecamatan Bantaeng, Kabupaten Bantaeng.

Salah satu sekolah dengan status RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) di Provinsi Sulawesi Selatan itu siap mengawali Tahun Ajaran Baru 2019/2020. Puluhan anak diantaranya merupakan siswa dan siswi baru yang akan menempati Kelas I.

Read:  Parenting Kelas IC SD 5 Lembang Cina Singkirkan Plastik, Budayakan Germas

Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih menjadi penanda awal Proses Belajar Mengajar (PBM). Menariknya orang tua siswa turut serta mengikuti upacara di barisan belakang para siswa.

Seluruh rangkaian upacara diikuti dengan seksama. Demikian halnya saat Bendera Merah Putih dikibarkan, orang tua bersama para siswa dan siswi serta kalangan guru, mengangkat tangan kanan melakukan penghormatan seraya menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

“Terima kasih kepada orang tua siswa yang mendampingi anaknya di hari pertama sekolah. Saya mengapresiasi berterima kasih juga karena orang tua juga mengikuti upacara”, tutur St Hartati selaku Kepala Sekolah.

Dia menyampaikan amanatnya bahwa kehadiran orang tua di hari pertama sekolah sejalan dengan arahan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dimana menghimbau seluruh orang tua untuk mendampingi anaknya, termasuk mereka yang berprofesi sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara).

“Jadi ini memang arahan Bapak Mendikbud. Untuk pegawai sekalipun, diminta mendampingi anaknya di sekolah hari ini”, jelasnya.